Breaking News
Home / blog / Yuk Cari Tahu Apa Itu Domain Authority dan Page Authority

Yuk Cari Tahu Apa Itu Domain Authority dan Page Authority

Yuk Cari Tahu Apa Itu Domain Authority dan Page Authority, untuk menemukan blog atau website yang berkualitas atau tidak.

Kita dapat memeriksa Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). nilai Domain Authority dan Page Authority akan diberikan jika blog atau website dalam mesin pencari lebih sering muncul di halaman pertama google dan sering dikunjungi. Hal ini tidak mudah untuk mendapatkan nilai DA dan PA. Untuk lebih jelas sebagai akibat dari Domain Authority dan Page Authority.

Domain Authority (DA)

Domain Authority adalah ukuran dari kekuatan sebuah nama domain dan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Website dengan Domain Authority yang tinggi akan lebih mudah untuk berjalan dalam mesin pencari. situs baru yang tidak terus-menerus meningkatkan kualitas, sehingga tidak akan bertahan di hasil mesin pencari. Domain Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 1 sampai 100, di mana masing-masing situs dengan DA terbesar dari sebagian besar situs yang baik.

Untuk yang menggunakan subdomain .blogspot.com atau .blogspot.co.id akan memiliki DA di atas 90.

• Cara Meningkatkan Domain Authority

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan Domain Authority dari suatu website, salah satunya seperti berikut ini.

Usia Domain

Domain yang mempunyai umur panjang disertai artikel yang terus update dan dioptimasi, maka dari waktu ke waktu domain authority akan meningkat secara perlahan.

Popularitas Domain

Popularitas Domain diukur dalam bagian dengan jumlah link masuk (inbound Link) dari situs berkualitas yang memiliki domain. Melakukan blogwalking, share sosial media, submit ke web directory, submit ke sosial bookmarking, dan link profile membantu untuk membangun inbound link ke domain dan menghasilkan lalu lintas trafik dari waktu ke waktu.

Page Authority (PA)

Page Authority merupakan istilah SEO yang digunakan untuk mendeskripsikan kemungkinan bahwa halaman tertentu dari website kita akan lebih sering ditemukan di mesin pencari. Page Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 0 sampai 100 dan berkaitan dengan relevansi artikel dan link. Semakin sering artikel berada di halaman pertama google, maka artikel yang lainnya akan saling mengejar untuk berada di halaman pertama juga. Website dengan Page Authority tinggi lebih cepat menaikkan posisi artikelnya di halaman mesin pencari.

• Cara Meningkatkan Page Authority

Banyak orang ingin tau cara agar websitenya berada di halaman tertinggi mesin pencari. Namun, sayangnya mereka tidak memperhatikan algoritma yang dibuat oleh Google. Mereka asal menggunakan teknik yang penting website naik, walau pun menggunakan teknik Black Hat SEO sekali pun. Padahal ada beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi peringkat seperti berikut ini.

Konten Asli

Website yang bagus yaitu yang banyak artikelnya. Namun, banyak konten saja tidak cukup atau tidak bisa jadi acuan website baik di mata mesin pencari. Walau pun konten sedikit, jika konten (artikel) original, tidak pernah menyamai dengan milik website lain, maka Google akan menyukai website tersebut dan memberikan nilai khusus dan tidak sama seperti website lain. Bisa dicoba teknik ini, buatlah konten asli atau original.

Banyak pakar SEO bilang, bahwa konten adalah raja, tidak ada konten website sama dengan nol besar. Ada yang bilang ada website tanpa konten bisa muncul di halaman pertama Google, apakah kalian yakin, bertahan berapa lama kah website tersebut ? Search engine sekarang cenderung memberikan peringkat kepada website yang ada kontennya, apalagi jika kontennya baru, menarik, update, rinci, relevan, bermanfaat, berkualitas dan menyenangkan untuk dibaca.

Link

Membuat link ke halaman kita dari situs lain merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan Page Authority. Link ini meningkatkan reputasi untuk website kita, jika digunakan dengan benar dapat meningkatkan lalu lintas trafik ke halaman website kita. Agar link website kita ada dalam halaman website orang lain itu tidak mudah. Namun, dengan memiliki konten bagus kemungkinan besar orang lain akan menjadikan situs kita sebagai referensi dan meletakkan link kita pada websitenya.

Gambar

Teks bukan satu-satunya faktor penting dalam SEO. Mesin pencari juga bisa mendeteksi gambar, baik gambar asli atau palsu, cara mesin pencari mendeteksi gambar yaitu dengan Alternatif Tag, yaitu sebuah tulisan atau teks yang memberitahu bahwa gambar yang kita punya perlu diindeks juga. Sehingga website juga akan mendapatkan sumber lalu lintas trafik lebih banyak ke website kita masing-masing. Untuk membuat Alt Tag, kalian bisa langsung klik gambar yang telah diupload ke entry, lalu pilih logo edit atau jika ada tulisan Properties klik saja, lalu ada tulisan Alt Tag (Alternative Tags) isi dengan keyword atau tulisan.

Cara Cek Domain Authority dan Page Authority

Untuk mengetahui total nilai domain authority (DA) dan page authority (PA) dari masing-masing website atau blog, bisa buka di link ini seoreviewtools.com/bulk-seomoz-authority-checker

Itulah sedikit informasi mengenai Apa Itu yang Dimaksud Domain Authority dan Page Authority. Semiga bermanfaat!

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.