Breaking News
Home / WISATA / Tempat Wisata di Batu Malang Paling Populer

Tempat Wisata di Batu Malang Paling Populer

Batu Malang telah menjadi primadona wisata di Indonesia yang populer.Kota sejuk di Jawa Timur ini tidak hanya memiliki Jatim Park,mari  kita lihat beberapa tempat wisata di Batu Malang yang Populer.Dibawah ini beberapa lokasi wisata populer di batu yang wajib anda kunjungi, yang pertama adalah :

  • Jatim Park 1

Salah satu tempat wisata di Batu, Malang yang wajib Anda kunjungi adalah Jatim Park 1. Wisata Jatim Park merupakan kawasan wisata terpadu di lereng Gunung Panderman, sekitar 20 km dari kota Malang. Ada Jatim Park 1 dan ada juga Jatim Park 2. Jatim Park 1 berlokasi di Jl. Kartika No 2, Batu. Jatim Park 1 ini memadukan konsep rekreasi sekaligus edukasi. Jatim Park 1 memiliki 36 wahana, di antaranya adalah Volcano Coaster, Pendulum, Air Borne Shot, dan Sky Swinger. Di Jatim Park 1 juga terdapat waterbom, Galeri Nusantara yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, bioskop 3D. Untuk science centre, ada chemical and biology science centre, outdoor science centre, dan learning gallery. Jatim Park 1 ini dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas, seperti outlet makanan & minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Tersedia juga mushola, klinik, nursery room, toilet, dan tempat parkir. Jatim Park 1 buka setiap hari pukul 08.30 – 16.30.

  • Batu Night Spectacular ( BNS)

Yang berikutnya adalah Batu Night Spectacular (BNS). BNS ini juga berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, dekat dengan Jatim Park 2. Terdapat puluhan wahana permainan yang mengasyikkan, seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara, lampion garden, dan trampoline. Ada juga berbagai wahana yang menguji adrenalin, seperti drag race dan mouse coaster. Untuk anak-anak, terdapat Kids Zone yang memiliki 25 wahana.Anda juga dapat menikmati panggung musik yang menampilkan musik dan kesenian tradisional. Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular ini merupakan tempat wisata keluarga yang baru beroperasi pada malam hari, Batu Night Spectacular beroperasi mulai pukul 15.00 – 24.00.

  • Jatim Park 2

Jatim Park 2 berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, Batu, Jawa Timur. Lokasi Jatim Park 2 ini berdekatan dengan Jatim Park 1. Jika Jatim Park 1 lebih mengusung konsep taman hiburan, maka Jatim Park 2 lebih mengedepankan konsep edukasi. Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi, dan pembelajaran satwa. Di dalam area Jatim Park 2 yang berdiri di lahan seluas 14 hektar ini, terdapat kebun binatang Batu Secret Zoo, penginapan Pohon Inn yang unik, dan museum satwa yang bangunannya menyerupai Istana Negara. Di Jatim Park 2 ini juga terdapat sekitar 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak. Terdapat juga insektarium yang berisi 5000 jenis serangga dari berbagai negara. Di dalam museumnya pun, Anda dapat menjumpai 80 diorama satwa dari berbagai negara. Menurut saya, Jatim Park 2 adalah tempat wisata wajib untuk putra-putri Anda, di Jatim Park 2, mereka bisa belajar banyak tanpa merasa bosan

  • Museum d’Topeng Kingdom

Museum d’Topeng Kingdom berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung 2, Batu, Malang. Di museum yang baru dibuka pada 23 Mei 2014 ini, Anda dapat melihat koleksi benda-benda bersejarah kebudayaan bangsa Indonesia sejak dahulu. Museum ini juga menyimpan lebih dari 2000 topeng kuno dari berbagai penjuru Indonesia. Koleksi topeng tersebut disimpan dalam sebuah lemari kaca besar yang dipisahkan berdasarkan asal daerahnya. Salah satunya ada topeng yang ditemukan di sekitar Candi Borobudur yang dilapisi cat berbahan prada. Ada juga koleksi kursi kerajaan Singaraja dari Bali, koleksi Al-Quran kuno berusia ratusan tahun, dan berbagai jenis wayang. Museum d’Topeng Kingdom ini buka setiap hari pukul 12.00 – 20.00 WIB.

  • Museum Angkut

Museum Angkut berlokasi di Jl Terusan Sultan Agung Atas No 2, Batu, Malang. Yup! Museum Angkut memang masih satu lokasi dengan Museum d’Topeng Kingdom. Museum Angkut yang dibuka pada 9 Maret 2014 ini merupakan tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung konsep transportasi. Di dalam museum ini, Anda dapat melihat berbagai koleksi moda transportasi, mulai dari yang ditarik hewan sampai dengan transportasi yang menggunakan tenaga listrik. Museum yang berdiri di wilayah seluas 3,7 hektar ini dibagi menjadi beberapa zona, antara lain: zona edukasi, zona Sunda Kelapa dan Batavia, zona Jepang, zona Uni Eropa, zona Hollywood, dan Zona Gangster & Broadway. Museum Angkut yang berada di bawah manajemen Jatim Park Group ini sering menjadi lokasi pameran, event komunitas, bahkan tempat foto prewedding. Museum Angkut buka setiap hari pukul 12.00 – 20.00. Jika Anda mau mengunjungi Museum d’Topeng Kingdom dan Museum Angkut sekaligus, Anda dapat membeli tiket terusan dengan harga yang lebih murah pastinya.

  • Eco Green Park

Eco Green Park terletak di Jl Ora-ora Ombo No 9A, tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2. Eco Green Park menawarkan 35 wahana edukasi. Dengan moto Fun and Study, Eco Green Park memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni. Tujuan Eco Green Park ini tentu saja agar para pengunjung (terutama anak-anak) belajar tentang ekosistem. Eco Green Park ini dibagi menjadi beberapa zona, yaitu: Zona miniatur candi terkenal di seluruh Jawa, insectarium, walking bird, music plaza, jungle adventure, world parrot, Duck Kingdom, Rumah Terbalik, Water Track, Dome multimedia, dan lain-lain. Di Eco Green Park, Anda dapat berkeliling dengan menyewa e-bike. Di Jungle Adventure, Anda dapat berkeliling hutan dengan kereta terbuka sembari menembak pemburu liar dengan senapan mainan. Seru! Eco Green Park buka mulai pukul 09.00 setiap harinya.

  • Alun – alun Kota Batu

Alun-alun kota Batu telah didesain sedemikian rupa sebagai sarana edukasi, rekreasi, dan olahraga bagi warga kota Batu. Sejak direnovasi pada tahun 2011, alun-alun kota Batu telah menjadi wisata di Batu, Malang yang murah-meriah. Anda dapat menikmati indahnya air mancur dengan puluhan burung merpati yang beterbangan di sekitar air mancur. Di sini juga terdapat wahana bianglala, mini playground, ruang informasi berbentuk strawberry raksasa, dan toilet berbentuk apel raksasa. Alun-alun Kota Batu kerap menjadi ajang pentas seni.

  • Inggil Museum Resto

Siapa yang tak suka kuliner? Nah, di Inggil Museum Resto, Anda bisa berwisata kuliner sekaligus mengunjungi museum. Inggil Museum Resto berlokasi di Jalan Gajahmada No 4, Malang. Di Inggil Museum Resto, Anda dapat menikmati kuliner khas Jawa, pertunjukan seni, sekaligus melihat koleksi benda antik bernuansa jawa. Ada berbagai jam weker, mesin jahit kuno, radio tua, dan lain-lain. Para pramusajinya pun mengenakan kebaya khas jawa. Beberapa menu yang disajikan antara lain: nasi jagung, rawon buntut, sate komoh, dan gurame sambal pencet.

  • Taman Selecta Batu

Obyek wisata Selecta telah ada sejak tahun 1930 pada masa penjajahan Belanda. Taman Rekreasi Selecta ini berdiri di lahan seluas 18 hektar dan terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu Taman Rekreasi, Hotel, Restoran, dan kebun. Di Taman Selecta Batu terdapat berbagai fasilitas dan wahana, seperti kolam renang, taman bunga, outbond, dan juga arena jogging. Dengan keindahan alam dan hawanya yang sejuk, Selecta tetap menjadi favorit wisatawan, tak peduli sudah ada banyak obyek wisata baru di Batu, Malang.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.