Breaking News
Home / DALAM NEGERI / Uniknya 7 Air Terjun di Kalimantan Barat yang Dapat Memanjakan Mata

Uniknya 7 Air Terjun di Kalimantan Barat yang Dapat Memanjakan Mata

karena kondisi geografisnya yang memang banyak terdapat aliran sungai dan efek dari erosi vertikal, menyebabkan banyak air terjun di Kalimantan Barat.

Tercatat ada puluhan air terjun yang tersebar di berbagai tempat di Kalimantan Barat, yang memiliki keunikan dengan pemandangannya yang masih alami dan asri.

Jadi, jika kamu sudah bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, cobalah datang ke Kalimantan Barat untuk mengunjungi beberapa air terjunnya. Lantas, dimana saja lokasi air terjun tersebut? berikut ulasannya

1. Air Terjun Riam Merasap

Air terjun di Kalimantan Barat yang pertama yaitu air terjun Riam Merasap. Air terjun dengan tinggi 27 meter dan lebar 200 meter ini berada di desa Batang Air, kecamatan Sanggau Ledo, kabupaten Bengkayang.

Kalau dari kota Pontianak menuju ke air terjun ini sekitar 300 km dan dapat ditempuh sekitar 8 jam perjalanan, kalau dari Sambas ke air terjun ini sekitar 15 km, sedangkan kalau dari kota Bengkayang sekitar 62 km.

Yang unik dari air terjun yaitu jaraknya dengan perbatasan antara Indonesia – Malaysia hanya sekitar 10 km saja, sehingga cukup banyak orang Malaysia yang datang ke air terjun ini.

Legendanya mengatakan bahwa di air terjun ini ada sebuah intan yang berukuran kepalan tangan yang dijaga oleh seekor labi-labi (kura-kura putih). Dinamakan Riam Merasap, sebab aliran air terjun ini sangat deras sehingga menciptakan kabut dingin dari percikan airnya yang jatuh.

2. Air Terjun Tikalong

 

Air terjun di Kalimantan Barat selanjutnya yaitu air terjun Tikalong. Air terjun setinggi 5 meter ini berada di desa Karangan, kecamatan Mempawah Hulu, kabupaten Landak. Jarak tempuhnya sekitar 3,5 jam dari kota pontianak

Petunjuk lokasinya, jika dari kota Pontianak arahkan kendaraanmu menuju ke Sui Pinyuh, kira-kira waktu yang ditempuh sekitar 1,5 jam. Kemudian, saat tiba dipersimpangan Singkawang – Mandor (dekat SPBU) ambil arah Mandor.

Kira-kira 2 jam perjalanan dengan arah jalan tersebut, kamu akan tiba di pintu gerbang menuju ke Air Terjun Tikalong ( pintu gerbangnya berada di sebelah kanan). Setelah itu, dari pintu gerbang ke air terjunnya dilanjutkan jalan kaki kurang lebih 5 menit.

Tapi, kalau kamu membawa kendaraan roda dua, kendaraanmu bisa langsung dibawa dekat dengan lokasi air terjun.

3. Air Terjun Entugun

Selanjutnya adalah air terjun Entugun, dimana air terjun ini berada di dusun Kepayang, desa Tembaga, kecamatan Nanga Mahap, kabupaten Sekadau. Lebih tepat, sekitar 45 km dari kota Sekadau.

Keunikan dari air terjun ini yaitu memiliki tiga tingkat, dimana setiap tingkatannya memiliki tinggi sekitar 30 meter. Selain itu, air terjun ini masih alami dengan kelilingi lebatnya hutan di sekitar air terjun tersebut.

4. Air Terjun Gurung Sumpit

Satu lagi air terjun di Kalimantan Barat yang ada di kabupaten Sekadau yaitu air terjun Gurung Sumpit. Air terjun setinggi 50 meter ini berada di desa Sumpit, kecamatan Belitang Hilir, kabupaten Sekadau.

Keunikan dari air terjun ini yaitu di bagian dinding tepi air terjun tersebut ada sebuah gua yang menjorok ke dalam. Gua tersebut dinamakan gua Ratu Kudung, konon katanya, gua ini dulunya digunakan Ratu Kudung dari kerajaan Sekadau untuk bertapa.

5. Air terjun Nokanayan

Kalau mau ke air terjun Nokanayan, kamu harus melewati hulu sungai Melawi yang berada di kecamatan Ambalau, kabupaten Sintang. Air terjun ini sangat indah dengan pemandangan air terjun setinggi 180 meter.

Selain itu, katanya untuk mencapai air terjun ini ternyata cukup sulit, sebab memakan waktu kurang lebih 2 harian dari kota Pontianak. Satu harinya digunakan untuk jalan darat, sedangkan satu harinya lagi perjalanan dengan speed boat lewat sungai.

Sebenarnya, di kabupaten Sintang ini, ada banyak sekali air terjun, tapi karena keterbatasan akses menuju kesana, membuat air terjun-air terjun tersebut tidak bisa diekspos, sehingga hanya sedikit orang yang tahu.

6. Air Terjun Pancur Aji

Air terjun di Kalimantan Barat Selanjutnya yaitu air terjun Pancur Aji, dimana lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Sanggau. Air terjun ini menawarkan keindahan alam hutan lindung yang banyak terdapat flora dan fauna langka.

Di bagian atas bukit Pancur Aji pernah ditemukan sisa-sisa benteng Pancur Aji yang terbentang dari daratan dalam bentuk galian tanah 10mx10m dengan dalam 1 m, dan dindingnya terbuat dari kayu belian.

7. Air Terjun Berawan

Kalau air terjun di Kalimantan Barat yang satu ini adalah air terjun tertinggi di kabupaten Bengkayang yaitu 75 meter. Air terjun ini berada di dusun Melayang, desa Sahan, kecamatan Seluas, kabupaten Bengkayang.

Kalau dari kota Bengkayang, kira-kira jarak tempuhnya sekitar 76 km, dimana sepanjang jalan menuju air terjun ini banyak sekali terdapat panorama alam yang cukup indah, sehingga jarak jauh tidak akan terasa.

Cerita legenda yang berhubungan dengan air terjun ini, yaitu konon dahulu ada seekor ular besar yang sedang bertempur melawan seorang panglima perang, sampai akhirnya ular tersebut kalah dan dipotong-potong oleh panglima tersebut.

Anehnya, potongan tubuh ular tersebut, menjelma menjadi air terjun ini. Selain itu, ada juga cerita tentang penampakan seekor rusa emas di air terjun ini yang memancarkan cahaya keemasan, makanya, air terjun ini dinamakan air terjun berawan atau air terjun emas.

Itulah beberapa air terjun di Kalimantan yang sayang dilewatkan bila kamu sedang berkunjung kesana.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.