Breaking News
Home / blog / Tips Merawat Blog dan Cara Bertahan di SERP Google

Tips Merawat Blog dan Cara Bertahan di SERP Google

Blog adalah hasil karya yang harus kita jaga sob karena manfaatnya banyak, jadi ada beberapa Tips Merawat Blog dan Cara Bertahan di SERP Google agar tetap menjadi trend di Page Utama.

Tips merawat blog menurut mahir blogging ada dua yaitu dari sisi on page dan off page. Secara on page yaitu dengan cara memeriksa bagian-bagian dari blog kita sepert :

HTML blog berupa kode-kode script atau css yang mungkin bermasalah, link-link yang masuk atau keluar apakah terdapat broken link. Periksa meta tag, meta description, site map dan hal ini bisa kita lakukan dari google web master tool.

Secara off page yaitu melakukan beberapa tindakan postingan secara berkala dengan kualitas artikel terbaik, karena konten adalah menu utama sebuah blog yang disuguhkan untuk pembaca.

Lakukan blogwalking untuk memperkenalkan diri dan menjalin persahabatan serta backlink. Keragaman artikel akan membuat pengunjung lebih betah dan datang kembali untuk membaca dan mencari informasi.

Apa yang harus dilakukan agar blog dapat bertahan di SERP?

Agar blog tetap memiliki jumlah kunjungan yang positif walau blog jarang update, Buatlah artikel-artikel pilar. Arti artikel pilar disini adalah artikel yang tetap banyak dicari orang setiap harinya walau trend telah berubah. Caranya bisa dengan menargetkan keyword abadi atau kata kunci yang selalu dicari orang setiap harinya.

Selain itu, agar dapat dengan mudah mempertahankan posisi SERP, blog Anda harus memiliki jumlah backlink yang cukup dengan Anchor text sesuai keyword yang ditargetkan. Ini ilmu lama yang masih ampuh sampai sekarang. Walau bagaimanapun, Backlink tetap menjadi jiwa SEO itu sendiri dari zaman ke zaman yang benar-benar berguna untuk pengunjung atau visitor yang ribuan.

Berikut point-point yang harus diperhatikan agar blog Anda disukai dan bertahan di SERP Google.

1. Blog dengan susunan dan link teks yang jelas. Setiap halaman haruslah dapat dicapai paling sedikit dengan satu link teks yang statis.

2. Blog yang menawarkan site map kepada pengunjung dengan link yang langsung menuju kebagian penting dari blog sobat. Apabila dalam sitemap terdapat lebih dari 100 link, sebaiknya sobat pisahkan site map ke halaman yang berbeda.

3. Blog yang berisi informasi yang berguna, padat dan jelas serta secara akurat bisa menggambarkan konten website.

4. Carilah kata kunci yang memang banyak dicari orang lain.

5. Harus menggunakan teks, bukan gambar, jika ingin menampilkan nama,menjelaskan konten atau link. Google tidak akan mengenali teks yang ada dalam gambar.

6. Pastikan judul tag dan atribut yang sobat gunakan benar-benar akurat dan menggambarkan isi blog.

7. Rajin memerikasa apakah ada link yang mati atau kode HTML yang salah.

8. Apabila sobat menggunakan halaman dinamis (seperti URL yang mengandung tanda”?”),berhati-hatilah karena tidak setiap search engine dapat mengindeks halaman dinamis. Usahakan untuk membuat parameter sesingkat mungkin dan sedikit saja.

9.Pastikan jumlah link di blog/ atau website sobat dalam jumlah yang rasional .

Itulah beberapa Tips Merawat Blog dan Cara Bertahan di SERP Google agar tetap menjadi trend di Page Utama. Sepertinya cukup sekian semoga artikel kali ini bermanfaat dan teruslah belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.