Breaking News
Home / DALAM NEGERI / 10 Tempat Wisata Alam yang Mengagumkan di Aceh

10 Tempat Wisata Alam yang Mengagumkan di Aceh

Tempat Wisata Alam yang Mengagumkan di Aceh tidak kalau indahnya dengan tempat-tempat wisata di Indonesia.

Sebagai provinsi Indonesia yang terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat Indonesia. Ibukotanya adalah Banda Aceh. Letaknya dekat Andaman dan Nicobar Islands di India dan dipisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala ke laut dari Samudera Hindia, Selat Malaka di sebelah timur dan utara Sumatera ke tenggara dan selatan.

Aceh memiliki banyak tempat wisata seperti wisata alam dan pengetahuan tentang pariwisata religius. Aceh, yang juga dikenal sebagai Serambi Mekkah, ada segudang potensi wisata yang luar biasa.

Lantas apa saja Tempat Wisata Alam yang Mengagumkan di Aceh yang wajib harus Anda kunjungi. Berikut ulasannya.

1. Cagar Alam Jantho

Cagar Alam Jantho berjarak sekitar 50 Km dari Banda Aceh. Berbagai Flora dan Fauna hidup dalam cagar alam ini. Waktu kunjungan terbaik untuk menikmati panorama yang indah disarankan berkunjung pada bulan April s/ d Agustus.

Jenis Flora yang bisa didapati diantaranya hutan Pinus, Mampre, Jambu air, Gleum, Bremen, Sampang , Ara, Damar , Medang , Kayu hitam, Beringin, Meranti, Kandis, Rambutan hutan, Tampu , Ketapang, Medang ara, Lukup, Tampang , Lawang, Semiran , Anang, Jenarai, Kerakau, Rengen, Merbau . Sementara keanekaragaman fauna yang bisa dijumpai seperti siamang , Owa, Macan dahan , Kucing Hutan , Rusa, Kijang , Kancil , Napu , Gajah, Kambing Hutan, Beruang, Trenggiling, Kukang, Kuao.

2. Kuala Merisi

Jika ingin menikmati pantai dengan suasana yang sepi juga tenang Kuala Merisi tempatnya. Berada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Dengan garis pantai yang panjang dan ombak yang kecil pantai Kuala Merisi sangat cocok untuk bermain air di tepian pantai. Anda bisa menikmati deburan ombak dari tepi pantai dengan menggelar tikar, merasakan hawa sejuk hembusan angin pantai. Tak jarang pula tempat wisata yang satu ini dijadikan untuk lokasi berselancar karena ombaknya sangat cocok untuk olahraga air.

3. Sungai Alas Taman Nasional Gunung Leuser

Kenapa sungai ini menjadi istimewa karena sungai alas memiliki sungai yang sangat jernih dengan bentuk sungai yang berkelok serta terletak di salah satu hutan tropis hijau terbesar di dunia. Sungai ini sangat cocok untuk jadi bahan petualangan bagi anak muda yang suka tantangan dengan berarum jeram, jeramnya yang menantang dengan sungai yang bersih membuat pengunjung akan ketagihan untuk merasakan sensasinya. Wajar jika kemudian berbagai petualang dari berbagai negara banyak yang datang ke sungai alas untuk merasakan tantangannya.

4. Gua Loyang koro

Gua tersebut letaknya di tepi danau laut tawar ibu kota Takengon dengan jarak tempuh lebih kurang 5 km arah timur ibu kota takengon, gua ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat indah dan asri juga ramai pengunjung pada hari libur, gua ini letaknya di kaki Gunung Birahpanyang , turun ke bawah sekitar 15 meter melalui bibir pantai dari jalan menuju kec. Bintang , gua ini juga memiliki kedalaman lebih kurang 110 meter , untuk memasuki ke dalam gua dapat dijangkau dengan jalan setapak.

5. Pulau Weh

Pulau Weh merupakan gerbang Aceh bukan hanya bagi provinsi Aceh namun juga bagi Indonesia , karena pulau ini berada di paling barat wilayah Aceh dan langsung berhadapan dengan selat Malaka yang sibuk. Pulau ini menawarkan banyak spot terumbu karang hidup yang indah serta lokasi pantai yang masih bersih belum terjamah, bagi yang suka menyelam dan menikmati keindahan bawah laut maka pulau Weh ini adalah destinasi yang sangat tepat untuk menikmati kenyamanan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian.

6. Gunung Burni Telong

Gunung Burni Telong adalah gunung yang terletak di Kabupaten Bener Meriah dan telah mejadi ciri khas dari Kabupaten Tersebut . Gunung Burni Telong adalah gunung berapa Aktif dan pernah meletus pada Tanggal 7 Desember 1924 menyebabkan kerusakan hebat lingkungan sekitarnya termasuk lahan pertanian dan perkampungan. Burni Telong yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan gunung yang terbakar, berada di ketinggian 2. 600 meter di atas permukaan laut . Gunung ini hanya berjarak lima kilometer dari Redeolong, ibu kota Kabupaten Bener Meriah dan Bandar Udara Rembele (RBL) .

7. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar adalah danau yang berada di kawasan Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sebelah barat danau ini terdapat kota Takengon yang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo.

Penduduk setempat biasanya menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar . Danau ini memiliki luas sekitar 5 .472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar .

8. Gunung Seulawah Agam

Gunung Seulawah Agam berada di Kabupaten Aceh Besar. Seulawah Agam kaya akan berbagai Flora dan Fauna. Sebut saja Harimau Sumatera, Kedih, Burung Rangkong, dan berbagai species jamur, serta satwa -satwa lainnya .

Menurut kabar, nantinya Seulawah Agam dan kembarannya Seulawah Inong akan dijadikan sebagai kawasan konservasi. Itu penting, karena mengingat perambahan kayu kian marak saja di sana .

9. Air Terjun Peukan Biluy

Air Terjun Peukan Biluy adalah Objek Wisata Air Terjun yang merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Aceh Besar tepatnya di Desa Biluy, Kecamatan Darul Kamal, dan juga merupakan tempat rekreasi bagi penduduk setempat. Tempat wisata air terjun Pekan Biluy ternyata masih meninggalkan sisa¬ sisa kejayaannya.

Untuk melihat langsung posisi air terjun pengunjung harus menaiki anak tangga sebanyak 172 buah dengan kemiringan rata-rata 45 derajat Pasca bencana tsunami 24 Desember 2004 silam , jalan menuju air terjun Peukan Biluy rusak parah bahkan perbukitan tersebut banyak yang telah hilang namun sudah diperbaiki.

10. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam berada di Desa Sidomulyo Aceh Utara, bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 30 menit dari Lhokseumawe. Tempat wisata alam yang satu ini sayang jika anda lewatkan. Karena di sini Anda bisa melihat air terjun kembar setinggi 75 meter dan dikelilingi sejumlah pepohonan yang rindang.

Di tempat ini banyak orang yang bermain air di sekitar air terjun, berendam di kolam tampungan air terjun, atau hanya sekedar bersantai di tepiannya saja. Di Air Terjun Blang Kolam, Anda juga bisa berkemah dan menikmati alam bebas.

Itulah Tempat Wisata Alam yang Mengagumkan di Aceh yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur ke provinsi paling barat indonesia ini. Happy Travelling.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.