Breaking News
Home / DALAM NEGERI / Tempat Wisata Alam yang Hits di Yogyakarta

Tempat Wisata Alam yang Hits di Yogyakarta

Sebagai kota Pelajar, Yogyakarta juga selalu ramai oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan dalam negeri ketika musim liburan tiba. Jika anda tengah berkunjung ke Yogyakarta untuk menikmati liburan, sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa wisata alam ini:

Air Terjun Randusari

Wisata air terjun ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Kecamatan Dlingo. Melalui jalur selatan, anda bisa melewati Terminal Giwangan dan masuk ke Jalan Imogiri Timur sampai menemukan Kebun Buah Mangunan, setelah melewati Kebun Buah Mangunan anda dapat mengikuti jalan dari puncak Pinus Becici menuju ke Jatimulyo Dlingo.
Di wisata air terjun ini, anda tak hanya bisa berfoto dengan latar belakang air terjun saja, namun penjaga tempat wisata memperkenankan untuk berenang di bawah air terjun juga bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia di area wisata.

Pantai Cemara Sewu

Lokasi pantai ini tak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo yang telah tersohor, tepatnya di sebelah barat Pantai Parangkusumo, Bantul. Pesona pantai cemara sewu tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul.
Pantai ini tak hanya sekedar pantai dan gazebo sebagai tempat bersantai di tepi pantai, banyak wisatawan yang berkunjung karena ingin berfoto di pinggir jalan masuk ke pantai karena banyak pohon-pohon cemara yang tumbuh membentuk goa. Pada siang hari, sinar mentari yang menembus celah-celah pepohonan cemara menambah pesona dari pantai cemara sewu sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot untuk berfoto ria bersama kawan dan keluarga bahkan untuk lokasi foto prewedding mereka.

Gumuk Pasir

Yogyakarta memiliki Gurun Saharanya sendiri. Lokasi yang pernah dipilih Agnes Monica sebagai tempat shooting video musiknya yang berjudul Godai Aku Lagi ini terletak sekitar 2 meter sebelum Pantai Parangtritis, Bantul.
Di gumuk pasir tidak serta merta hanya sebuah hamparan pasir pantai yang luas saja. Dua ayunan yang tiangnya terbuat dari kayu pohon menjadi favorit para wisatawan untuk berfoto dengan berbagai pose, tak jarang ada yang mengajak pasangannya untuk berfoto bersama. Apabila berkunjung ke Gumuk Pasir sekitar jam 12 siang, disarankan untuk memakai sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Tebing Breksi

Tempat wisata ini terletak di Dusun Groyokan, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jika datang ke tempat ini, hasrat berfoto para wisatawan akan dipuaskan dengan suguhan deretan tebing breksi yang menjulang tinggi.
Menurut Isna Choirunnisa (22), seorang mahasiswi asal kota Yogyakarta yang sering berwisata alam, Tebing Breksi seperti Grand Canyon versi Yogyakarta. Ia juga berpendapat bahwa tempat tersebut memiliki daya tarik untuk membuat orang-orang mengupload gambar di media sosial mereka. Selain itu, dari atas tebing breksi para wisatawan dapat melihat kota Yogyakarta terutama Candi Prambanan yang berdiri dengan gagahnya.

Kebun Buah Mangunan

Jika anda berkenan, sebelum ke Air Terjun Randusari, anda bisa mampir ke Kebun Buah Mangunan yang termasuk tempat favorit warga Yogyakarta untuk berfoto selfie maupun berfoto bersama keluarga dengan latar belakang pemandangan bukit mangunan. Apabila anda ingin melihat awan-awan di atas bukit mangunan, anda harus datang sekitar jam 6 pagi. Latar belakang pemandangan bukit mangunan dengan hamparan awan di pagi hari menjadi favorit muda-mudi Yogyakarta untuk berfoto bersama kawan dan keluarganya.
Namun untuk berwisata ke Kebun Buah Mangunan lebih disarankan untuk menggunakan kendaraaan roda dua karena area parkir yang terletak di perbukitan itu memiliki jalan yang sempit. Sehingga bagi kendaraan roda empat, harus mengantri cukup lama untuk bisa bergantian naik ke Kebun Buah Mangunan dengan kendaraan roda empat yang akan turun.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.