Breaking News
Home / PC/LAPTOP / Mengenal Bagian-Bagian dari Registry Windows

Mengenal Bagian-Bagian dari Registry Windows

Untuk Mengenal Bagian-Bagian dari Registry Windows, pertama-tama mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Registry.

System operasi Windows yang berfungsi sebagai pengatur semua sistem kinerja dan pengendalian dari system operasi windows, dengan dalam wujud suatu informasi database yang dibuat dengan gaya hierarki.

Data-data yang tersebar akan dikumpulkan dan disusun dalam beberapa komponen yang sesuai. Pada akhirnya, komponen-komponen kecil tersebut akan disusun lagi dan membentuk suatu komponen besar, dan beberapa komponen besar ini disatukan lagi sehingga membentuk suatu database yang ampuh. Itulah Desain registry . Dengan desain seperti itu, sistem operasi Windows dapat dengan fleksibel dikelola sesuai kebutuhan pemakainya. Asal pemakai tersebut tahu Tips & Tricks Registry untuk mengatur komponen-komponen kecil tersebut, “diletakkan” dan digunakan, maka ia akan mendapatkan suatu bentuk, cita rasa, bahkan kekuatan yang berbeda dari sistem operasi Windows.

Registry secara global terdiri atas enam kategori informasi. Bagian ini dikenal dengan kunci-kunci induk (root keys). Kunci induk ini seperti kontainer data. Ia dapat berisi data nama value (value name) dan nilainya (value), juga dapat berisi kunci (key) atau kunci anak (subkey). Dengan metode hierarki inilah, registry dapat dikelola dengan baik.

Mungkin istilah key dan subkey ini membingungkan bagi Anda yang baru mengenal registry, untuk gampangnya sih kita analogkan dengan pengelolaan folder pada disk. Pada suatu disk dapat dibuat beberapa directory (folder). Ini sama dengan root keys , jika dianalogkan. Pada directory ini dapat terdiri atas beberapa subdirectory (subfolder), hal ini sama dengan key.

Pada sub directory ini dapat terdiri atas beberapa subsubdirectory (subsubfolder), ini sama dengan subkey . Demikian seterusnya, sehingga akan terbentuklah suatu struktur hierarki.

Kebanyakan orang menyebut root keys ini dengan handle keys . Disingkat dengan HKEY. Tampilan program pengedit registry standar milik Microsoft ( REGEDIT.EXE ) pun menampilkan dengan tanda HKEY. Saya juga cenderung menyebutnya dengan demikian, karena lebih gampang diingat sesuai dengan tampilan registry pada REGEDIT. Struktur HKEY jika dilihat dengan program Regedit (registry editor) secara global adalah sebagai berikut.

HKEY_CURRENT_USER

Merupakan root dari informasi konfigurasi untuk pemakai yang sedang aktif. Folder pemakai, screen colors, dan Control Panel akan disimpan di sini. Informasi di sini sering direferensi sebagai suatu user profile . Jadi, ia merupakan hkey yang menyimpan setting individual dari setiap pemakai yang memakai sistem operasi Windows.
Yang terdiri dari beberapa subkey, antara lain :

a. AppEvents , berisi setting untuk sound events.

b. Control Panel, berisi setting control panel.

c. InstallLocationMRU , berisi path/lokasi master windows (waktu pertama kali menginstal windows).

d. Network, berisi informasi yang berhubungan dengan Network atau jaringan.

e. Software , berisi tentang setting atau konfigurasi software untuk pemakai yang logon pada saat itu.

f. RemoteAccess , berisi informasi tentang Dial up Networking.

HKEY_USERS

Berisi root dari seluruh user profile yang ada pada komputer. Jadi, secara implisit, HKEY_CURRENT_USER adalah subkey dari HKEY_USERS. Setting ini merupakan pengaturan tertentu yang dipakai oleh pemakai, seperti layout desktop , dan pengaturan aplikasi-aplikasi yang dipakainya. Bagian ini, seperti telah disinggung di muka, akan menyimpan seluruh data user. Sedangkan hkey_current_user akan merujuk pada Hkey_Users untuk mendapatkan pemakai yang sedang aktif.

HKEY_LOCAL_MACHINE

Berisi informasi konfigurasi yang sudah pasti pada komputer. Dan ini berlaku bagi semua user. Hkey ini merupakan hkey yang menyimpan setting global dari komputer yang terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak.

Yang terdiri dari beberapa subkey, antara lain.

• Enum , berisi informasi tentang hardware, misalnya tentang monitor.

• Hardware, berisi informasi tentang port serial.

• Network, berisi informai yang berhubungan dengan network untuk pemakai yang sedang aktif atau login.

• Software , berisi informasi dan setting software.

HKEY_CLASSES_ROOT

Kebanyakan informasi pada key ini, digunakan untuk memastikan pengaktifan program yang tepat saat kita membuka file dengan Windows Explorer. Jadi, hkey ini merupakan hkey yang menyimpan seluruh asosiasi file. Juga akan menyimpan jenis kelas spesial folder (CLSID). CLSID ini digunakan oleh sistem operasi Windows dan kebanyakan aplikasi agar dapat berfungsi dengan benar. Isi hkey ini sama dengan Hkey_local_machine\software\classes.

HKEY_DYN_DATA

Berisi informasi tentang plug and play ( untuk Hkey ini hanya ada di windows xp dan versi sebelumnya ).

HKEY_CURRENT_CONFIG

Berisi informasi tentang profile hardware yang digunakan oleh komputer local saat startup sistem. Jadi, Hkey ini menyimpan informasi profil perangkat keras terpasang. Sebenarnya isinya sama dengan Hkey_local_machine\config. Pada prakteknya saat bekerja, Registry akan membutuhkan bantuan file dalam menampilkan strukturnya. File-file tersebut dikenal dengan sebutan Registry hives.

Registry Hives atau sering disingkat dengan istilah hive
adalah suatu kumpulan dari key, subkey dan value pada registry yang mempunyai suatu set file pendukung yang berisi backup dari data tersebut.

Pada saat proses boot berlangsung, Windows akan melakukan setup secara otomatis, dengan mengambil data dari file-file pendukung ini, saat kita melakukan shutdown, Windows akan secara otomatis pula menulis data hive ke file-file pendukung ini. File pendukung dari seluruh file kecuali HKEY_CURRENT_USER berada di directory (folder) Systemroot\System32\Config . Sedangkan file pendukung untuk HKEY_CURRENT_USER berada pada directory Systemroot\Profiles\Username. Ekstension nama file ( File name extensions ) dari file yang ada pada directory ini menunjukkan isi data yang ada di dalamnya. Pada file pendukung, bahkan ada yang tanpa ekstension file sama sekali. Lho…? Lalu untuk apa? Berikut ini deskripsi ringkasnya.

• File pendukung tanpa extension , akan menunjukkan copy dari data hive secara komplet.

• File pendukung dengan ekstension .alt merupakan backup copy dari hive HKEY_LOCAL_MACHINE\ System. Hanya key System yang mempunyai ekstension .alt.

• File pendukung dengan ekstension .log adalah file pencatat transaksi, yang mencatat perubahan pada key dan masukan value pada hive.

• File pendukung dengan ekstension .sav merupakan copy dari file hive yang dicari saat setup tahapan mode teks berakhir.

Setiap kali suatu user baru logon ke komputer, suatu hive baru akan dibuat untuk user tersebut dengan file tersendiri untuk user profile. Ini disebut dengan user profile hive. Hive user berisi informasi registry spesifik yang menyimpan setting aplikasi, desktop, environment, koneksi network dan printer untuk user tersebut. User profile hives berada di key HKEY_USER.

Pada Windows XP, file pendukung untuk user profile hive bagi suatu pemakai tertentu akan disimpan di
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\ProfileList\SID\ProfileImagePath File tersebut akan diberi nama Ntuser.dat.

Itulah Bagian-Bagian dari Registry Windows yang menjadi inti untuk mengatur sistem, semoga dapat membantu Anda dalam memahami apa itu Regestry. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.