Breaking News
Home / DALAM NEGERI / 11 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh

11 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh

Tanpa kita sadari bahwa memakan sayuran mentimun bisa mencegah dan mengobati masalah kesehatan tubuh, walaupun dengan harga yang sangat murah kita harus mengakui semua khasiat yang ada di sayuran mentimun ini.

Apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam mentimun tersebut.

 

Menjaga tekanan darah

Buah timun dapat menjaga tekanan darah karena kandungan kalium, magnesium serta serat dalam timun ternyata sangat efektif mengobati tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah yang sering dialami oleh sebagian orang.

Membersihkan racun

Batu ginjal dapat di atasi dengan mentimun, dengan secara rutin mengkonsumsi mentimun baik di makan langsung ataupun di buat jus sama saja, di yakini mampu melunturkan penyakit batu ginjal.

Kandungan air pada mentimun sangat tinggi, dan itu fungsi utamanya adalah mengeluarkan racun yang berlebih pada tubuh. Dan tidak heran jika air mentimun bisa menyembuhkan batu ginjal, karena air mentimun sedikit demi sedikit dapat mengikis batu ginjal tersebut. Jadi jika anda mengkonsumsinya rutin tiap hari maka sudah di pastikan batu ginjal bisa hilang dengan sendirinya.

Vitamin dan mineral

Vitamin dan juga Mineral terdapat pada sayur mentimun, dan kabar baik bagi anda yang sedang menjalankan hidup sehat, karena mentimun adalah salah satu sayuran yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh kita.

Dan selain bisa untuk kesehatan tubuh, mentimun juga bermanfaat buat kecantikan yaitu sebagai masker wajah dan lainnya.

Melawan kanker

Kanker payudara, ovarium, rahim dan kanker prostat sangat sulit di sembuhkan, namun sayuran mentimun ini memiliki senyawa Pinoresinol, Cucurbitacins yang fungsinya mentimun dapat membekukan semua molekul jahat pada tubuh dan bisa mengendalikan atau melawan sel kanker tersebut.

Melindungi otak

Di dalam buah timun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), zat ini sangat baik dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

Hidrasi tubuh

Pada sayuran mentimun di saat anda mengalami Hidrasi baik Hidrasi sehabis olahraga atau pun Hidrasi terkena sinar matahari, Jus atau air mentimun di yakini mampu mengatasi Dehidrasi tersebut, dan selain itu sayur mentimun bisa menjaga sel-sel yang baik tetap terjaga dan sehat.

Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan Diet ketat, sebaiknya lihat lagi menu diet anda, jika masih belum sempurna alangkah baiknya anda bisa masukan sayur mentimun di menu diet anda.

Kenapa demikian, karena mentimun mempunyai nutrisi dan air yang pas buat menurunkan berat badan anda. Efek dari mengkonsumsi mentimun adalah kurangnya nafsu makan, karena kadar air dalam mentimun sangat tinggi. Jadi banyak-banyaklah mengkonsumsi mentimun, selain sehat anda juga akan langsing alami.

Kesehatan kulit dan rambut

Sulfur dan silikon juga di miliki mentimun yang fungsinya menyehatkan dan menyuburkan rambut, apalagi jika rambut anda terkena iritasi kulit atau lembab dan juga berminyak, mentimun adalah solusi yang aman dan alami. Hanya dengan menggosokan mentimun di bagian kulit kepala secara rutin masalah di kepala aman terkendali.

Mencegah masalah pencernaan

Dan bagi anda yang mempunyai keluhan di perut seperti maag, nyeri lambung dan asam lambung naik bisa di obati dengan mengkonsumsi air mentimun secara rutin. Karena air mentimun bisa membantu atau menjaga pencernaan dari segala penyakit dan bisa menjaganya tetap stabil dan sehat.

Meningkatkan kesehatan otak

Otak adalah salah satu organ yang bisa menggerakan semua organ tubuh, karena jika otak tidak berfungsi maka organ tubuh yang laiinya juga akan lumpuh.

Jadi jika anda mengiginka fungsi otak atau mengiginkan ingatan yang lebih tajam maka sebaiknya konsumsi sayuran mentimun. karena Fisetin dan antiinflamasi flavanol yang ditemukan dalam mentimun membantu meningkatkan fungsi otak dan memori.

Meredakan nyeri sendi dan encok

Kadang kita pernah atau sering merasakan nyeri sendi atau encok yang  sangat menyakitkan, itu tandanya anda memerlukan Vitamin A,C, D, B1, B6. Dan itu semua ada pada sayur mentimun, dan karena mentimun juga mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium jadi jangan ragu untuk mengkonsumsinya, karena dengan anda mengkonsumsi mentimun maka nyeri pada persendian dan encok akan berkurang. Namun jangan lupa juga harus di barengi dengan olahraga yang cukup supaya menjadi hidup sehat dan kuat.

Itulah manfaat dari mentimun, cukup dengan meminum atau memakannya saja sudah memberi efek baik kepada tubuh.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.