Breaking News
Home / blog / 6 Jenis Blog yang Banyak Beredar di Dunia Maya

6 Jenis Blog yang Banyak Beredar di Dunia Maya

Banyak orang yang merasakan ingin ngeblog tapi tidak tahu tema blog seperti apa yang akan dibuat? Solusi termudahnya adalah dengan mengetahui jenis blog yang banyak beredar di dunia maya terlebih dahulu.

Sedikit penjelasan tentang Blog. Blog merupakan singkatan dari “web log ” yang merupakan suatu bentuk
aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog pada sebuah halaman web atau pada template blog.

Nah, lantas apa saja jenis blog yang banyak beredar di internet sekarang ini? Berikut ulasannya.

1. Blog Pribadi

Blog pribadi adalah blog yang umumnya dibuat hanya untuk sekedar mengisi waktu luang, hobby atau berbagi hal-hal dari kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak ditujukan untuk menghasilkan uang. Meskipun demikian, pemilik blog jenis ini akan tetap enjoy ngeblog .

2. Blog otoritas (authority blogs)

Blog otoritas adalah blog yang dibuat oleh para blogger serius. Tujuan blog tersebut adalah menjadi ahli di topik yang dibahasnya. Blog otoritas tidak fokus kepada pengunjung dari mesin pencari, namun menggaet pengunjung dari social media. Oleh sebab itu, walau pun dimesin pencari tidak ada, blog-blog otiritas masih mendapatkan trafik dari sosial media tersebut.

Terkait konten, blog otoritas umumnya tidak mementingkan kata kunci. Tak heran, blog otoritas mempublikasikan ratusan hingga ribuan artikel berkualitas karena topik yang mereka bahas tidak sempit (misalnya kesehatan, rumah, pengembangan diri, teknologi, dan lain-lain).

3. Blog Niche

Berbeda dengan blog otoritas, blog niche fokus kepada sebuah kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin pencari. Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci, pembuatan konten, dan optimasi di mesin pencari.

Dari sisi pengunjung, blog niche menggantungkan diri kepada pengunjung yang berasal dari mesin pencari (utamanya Google) sehingga biasanya para pemilik blog niche sibuk mencari backlink dari beragam sumber agar blog mereka masuk ke halaman 1 Google untuk kata kunci yang dibidiknya.

Kelemahan terbesar blog niche adalah kehilangan pengunjungnya dalam waktu sekejap jika Google memperbaharui algoritma pencariannya. Anda mungkin pernah mambaca keluhan para pemilik blog niche di forum-forum internet marketing karena blog mereka telempar dari halaman 1 Google akibat Google Panda, Google Penguin, atau penalti manual Google.

4. Corporate Blog

Corporate blog adalah jenis blog perusahaan yang umumnya berisi kebijakan, press release, konfirmasi dan profil perusahaan. konten blog ini lebih bervariasi dari pada blog online diary karena blog ini merupakan representative suatu perusahaan. pada umunya blog jenis ini memiliki design yang elegan, tampilan yang eye catching, banyak fitur dan perpaduan warna yang proposional.

5. Blog spam

Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Pemilik tinggal menggunakan software pengambil konten dari blog atau website orang lain yang isinya sama persis dan blog mereka akan dengan mudah terisi konten.

Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran hak cipta. Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam membersihkan hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.

6. Blog Komunitas

Blog komunitas adalah blog yang dibuat oleh sebuah komunitas tertentu dengan tujuan tertentu sesuai dengan komunitas itu di bentuk. Isinya juga beragam dan banyak sekali. Tergantung bagaimana komunitas itu dan tujuan dari komunitas tersebut untuk membuat blog.

Itulah macam-macam jenis blog, semoga Anda mendapat gambaran tentang blog seperti apa yang hendak Anda buat. Selamat mencoba!

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.