Breaking News
Home / DALAM NEGERI / Inilah 10 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia

Inilah 10 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia

Beberapa dekade terakhir, banyak terjadi bencana alam yang nyaris meluluhlantakan semua wilayah di semua wilayah muka bumi ini, salah satunya yaitu gempa bumi.

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang sangat mengerikan, sebab bukan hanya tanah yang akan berguncang tapi bisa juga menciptakan bencana lainnya seperti tanah longsor dan Tsunami. Lantas, dimana saja gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di dunia? berikut ulasannya

1. Gempa Valdivia di Chili ( 9,5 SR )

Gempa bumi terdahsyat yang pertama adalah gempa bumi yang pernah terjadi di Chili pada tahun 1960, dimana gempa dengan kekuatan sebesar 9,5 SR ini diketahui memakan korban sekitar 1.665 jiwa dan ribuan orang mengalami luka-luka, serta jutaan orang kehilangan tempat tinggalnya.

Saking besarnya gempa ini sampai menciptakan Tsunami. Bahkan gempa ini sampai dirasakan dampaknya sampai ke Hawaii yang menelan korban sebanyak 61 orang dan Filipina dengan korban sebanyak 32 orang.

2. Gempa Prince William di Alaska ( 9,2 SR )

Gempa bumi terdahsyat selanjutnya terjadi di sebuah daerah yang disebut Prince William di Alaska yang terjadi pada tahun 1964 dengan kekuatan sebesar 9,2 SR. Gempa yang berlangsung selama 3 menit ini menelan 128 korban jiwa.

Selain itu, gempa ini menciptakan kerusakan yang sangat parah seperti tanah longsor, pipa gas yang bocor, kekacauan jalur komunikasi, listrik padam, dan sempat menciptakan Tsunami yang menyebabkan kerusakan yang cukup parah di Hawaii.

3. Gempa Lepas Pantai Sumatera Utara di Indonesia ( 9,1 SR )

Ini adalah gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi Indonesia, dimana gempa yang meluluhlantakan Aceh ini memakan korban sekitar 227.000 jiwa, 1,7 juta orang harus mengungsi, dan terpaksa kehilangan tempat tinggal.

Tsunami hasil gempa bumi yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 silam hampir menyapu bersih kota Aceh dan saking dahsyatnya gempa bumi ini, getaran pun sampai dirasakan juga di negara tetangga seperti negara di Asia Selatan dan Afrika Timur.

4. Gempa Pantai Timur Pulau Honshu di Jepang ( 9,0 SR )

Selanjutnya adalah gempa bumi yang pernah terjadi di pantai timur di Pulau Honshu, Jepang. Gempa ini terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 silam dengan kekuatan sebesar 9,0 SR dan diperkirakan menelan korban sekitar 29 ribu jiwa.

Gempa yang menguncang Jepang ini berlangsung selama 6 menit dan menciptakan Tsunami yang meluluhlantakan Fukushima dan merusakn reaktor nuklir yang ada disana. Tercatat ada 50 titik yang mengalami kerusakan paling parah akibat gempa bumi ini.

5. Gempa Semenanjung Kamchatka di Rusia ( 9,0 SR )

Gempa bumi yang tercatat pada tahun 1952 di semenanjung Kamchatka di Rusia ini memiliki kekuatan sebesar 9,0 SR. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, tapi dilaporkan sempat menciptakan Tsunami dengan tinggi 13 meter yang sempat mencapai di Crescent City, California.

Selain itu, akibat gempa bumi ini, dilaporkan Hawaii mengalami kerugian materi yang cukup besar waktu itu, sebab kerusakan parah yang dialami oleh Hawaii akibat gempa bumi ini.

6. Gempa Lepas pantai Maule di Chili ( 8,8 SR )

Satu lagi gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di Chili selain gempa Valdivia pada 1960 ( 9,5 SR ) yaitu Gempa Lepas pantai Maule. Gempa ini terjadi sebulan setelah gempa menguncang Haiti ( 7 SR ).

Diketahui gempa ini berkuatan sebesar 8,8 SR dan menewaskan lebih 200.000 orang dan 800.000 orang harus diungsikan, serta 1,8 juta jiwa mengalami kerugian akibat gempa dan Tsunami yang menyerang tempat tinggal mereka.

7. Gempa Ekuador dan Kolombia ( 8,8 SR )

Selanjutnya adalah gempa bumi yang terjadi di lepas pantai Ekuador dan Kolombia dengan kekuatan sebesar 8,8 SR pada 31 Januari 1906. Kemudian gempa ini menciptakan bencana alam lain yaitu Tsunami yang menewaskan sekitar 1500 jiwa. Saking besarnya Tsunami tersebut bahkan sampai ke San Fransisco dan Jepang.

8. Gempa Pulau Tikus di Alaska ( 8,7 SR )

Selain gempa Prince William, ada satu lagi gempa bumi terdahsyat yang terjadi di Alaska yaitu gempa di Pulau Tikus dengan kekuatan sebesar 8,7 SR. Gempa bumi ini terjadi pada tahun 1965 silam.

Gempa ini menciptakan Tsunami dengan tinggi sekitar 10 meter yang menyebar dan mengarah ke Jepang. Dua bulan kemudian terjadi gempa susulan yaitu gempa vulkanik dan menciptakan Tsunami kecil. Untungnya, tidak ada laporan korban jiwa dalam gempa ini.

9. Gempa Sumatera Utara di Indonesia ( 8,6 SR )

Dikatakan gempa ini merupakan gempa susulan yang pernah terjadi pada tahun 2004 silam. Dilaporkan gempa yang terjadi pada tanggal 28 Maret 2005 berkekuatan sebesar 8,6 SR dan ada 1300 orang yang meninggal.

Gempa yang berlangsung selama 2 menit ini juga sempat menciptakan kepanikan dan ketakutan akan terjadinya Tsunami besar yang pernah terjadi pada tahun 2004 sebelumnya. Dan untung Tsunami yang terbentuk tidak besar dan tidak menciptakan kerusakan yang parah.

10. Gempa Assam di Tibet ( 8,6 SR )

Gempa bumi terdahsyat yang terakhir yaitu gempa bumi yang pernah terjadi di daerah Assam, Tibet. Gempa ini terjadi pada tanggal 15 Agustus 1950 silam dengan kekuatan sebesar 8,6 SR dan memakan korban jiwa sebanyak 1500-an.

Gempa ini juga sempat dirasakan sampai ke Yunnan (China) Calcutta, dan India. Bahkan dilaporkan banyak daerah-daerah yang bergeser dan sungai berhenti mengalir yang pada akhirnya menciptakan bencana alam lain yaitu banjir yang menghancurkan banyak desa waktu itu.

Bencana alam memang merusak dan selalu meninggalkan duka yang kelam di hati mereka yang menyaksikan kehancuran dan kehilangan sanak keluarga.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.