Breaking News
Home / MISTERI / Ini Dia 10 Batu Unik di Berbagai Belahan Dunia

Ini Dia 10 Batu Unik di Berbagai Belahan Dunia

Di beberapa negara di belahan dunia ini terdapat berbagai macam hal unik dan aneh yang sulit masuk diakal manusia. Sejumlah batu ini secara ajaib bisa tersusun secara seimbang dan tidak jatuh. Seperti apa bentuk dari batu seimbang tersebut? Berikut ulasannya.

Chiremba Balancing Rock, Epworth

Kamu mungkin tidak percaya akan keajaiban dari uniknya batu yang terdapat di Epworth, Zimbabwe. Batu yang bernama Chiremba Balancing Rock ini tersusun dengan seimbang yang bisa membuat siapapun melihatnya berdecak kagum. Bagi orang yang hanya melihat dari foto pasti mengatakan bahwa batu susun ini adalah editan.

Batu susun seimbang yang terletak 10 km di sebelah tenggara Harare ini terbentu dari batuan granit yang berumur cukup tua. Diperkirakan bahwa Chiremba Balancing Rock bisa tersusun dengan seimbang seperti sekarang setelah melalui sejumlah waktu yang panjang kira-kira jutaan tahun lamanya.

Peyro Clabado, Sidobre

Peyro Clabado di Sidobre, Perancis telah menjadi salah satu batu seimbang yang terkenal di dunia. Peyro Clabado terbentuk dari batuan granit yang telah terkikis. Batu seimbang ini telah lama berada dalam posisi tersebut sekitar lebih dari 300 juta tahun lamanya. Dan batu seimbang ini telah menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan dalam dan mancanegara.

Memiliki tingkat kekerasan yang setara dengan batu granit, Peyro Clabado ternyata memiliki berat yang tidak tanggung-tanggung yaitu 780 ton. Meski terlihat menyeramkan, tapi banyak wisatawan yang memberanikan diri untuk berfoto di bawah batu seimbang Peyro Clabado.

Mushroom Rock, Kansas

Berlokasi di Mushroom Rock State Park, Kansas, berdiri dengan ajaib, inilah batu seimbang yang bernama Mushroom Rock. Ukuran dari batu seimbang ini sekitar 20.234 m2, dan menjadi salah satu batu susun seimbang paling unik yang ada di dunia, khususnya Amerika. Dinamai Mushroom Rock karena bentuk dari batu ini yang menyerupai bentuk jamur.

Terima kasih kepada erosi dan cuaca karena 2 faktor penting inilah yang membuat batu ini bisa mengalami erosi sehingga membentuk seperti jamur. Dikatakan pula bahwa erosi yang membentuk Mushroom Rock ini masih bisa terjadi. Dan apabila erosi terus berlangsung, diperkirakan bahwa Mushroom Rock ini perlahan namun pasti akan hilang.

Devils Marbles, Australia

Devils Marbles atau yang disebut juga dengan nama Karlu Karlu adalah batu seimbang yang bisa kalian temui bila berkunjung ke Australia, tepatnya ke selatan Tennant Creek. Batu seimbang ini adalah batuan granit berukuran besar, berbentuk hampir bulat, dan berwarna merah. Batu besar ini berserakan di area yang luas dengan ukuran bervariasi dari 50 cm sampai 6 m.

Devils Marbles terbentuk oleh erosi yang telah terjadi lebih dari jutaan tahun lamanya. Bebatuan bundar ini memiliki sebuah keunikan yaitu akan menyala dan berganti warna dari pink ke merah terang. Keunikan ini hanya bisa dilihat ketika matahari terbit dan matahari tenggelam. Jadi, banyak sekali wisawatan yang memilih untuk melihat batu seimbang ini ketika matahari terbit atau tenggelam saja.

Kjeragbolten, Norwegia

Kjerag adalah gunun batu raksasa yang berada di negara Norwegia. Di antara 2 gunung batu ini, terletak sebuah batu yang terhimpit dengan ajaib. Batu ini kemudian dinamakan dengan nama Kjeragbolten. Batu besar ini berdiam di antara kedua gunung batu dan belum pernah jatuh meski sudah dinaiki oleh beberapa orang.

Kalian yang hobi hiking, bisa mencoba berdiri di atas batu seimbang ini sekaligus menikmati keindahan gunung setinggi 1.000 meter. Tapi jika kalian adalah orang yang memiliki fobia akan ketinggian, Kjeragbolten bukan tempat yang cocok untuk kalian.

Golden Rock, Burma

Tidak perlu jauh-jauh jika kalian ingin melihat keajaiban batu seimbang di dunia karena salah satunya bisa ditemukan di salah satu negara Asia yaitu Burma. Adalah batu seimbang Golden Rock atau Kyaik-htiyo atau Kyaiktiyo yang berdiri secara seimbang di puncak tebing yang berada di dekat Yangon.

Menurut legenda, Golden Rock berdiri dengan seimbang di atas sehelai rambut dari Sang Buddha. Meski berukuran besar dan berat, batu ini bisa berdiri secara seimbang di puncak tebing dan tidak pernah jatuh. Seakan-akan hukum gravitasi tidak berlaku bagi batu unik ini. Di atas batu juga dibangun sebuah pagoda kecil yang dilapisi dengan emas.

El Torcal de Antequera, Andalucia

Salah satu batu seimbang berikutnya berada di Andalucia, Spanyol. Negeri matador ini bisa masuk ke dalam daftar batu seimbang paling terkenal di dunia berkat batu seimbangnya yang bernama El Torcal de Antequera. El Torcal de Antequera merupakan batuan kapur yang tersusun dengan seimbang secara horizontal.

Batuan seimbang yang sudah seperti menara ini mengundang perhatian banyak turis lokal dan juga luar. Disana, turis diperbolehkan untuk membawa tangga untuk bisa berfoto lebih dekat dengan batu. Namun pemerintah melarang turis untuk naik ke puncak batu karena selain berbahaya, ditakutkan pula batu tersebut akan runtuh.

Idol Rock, Brimham Moor

Brimham Moor yang merupakan salah satu kota di Inggris ternyata juga memiliki batu seimbang yang unik. Yang membuat batu ini semakin menarik adalah batu besar dengan berat sekitar 200 ton ini secara menakjubkan bisa tersusun dengan seimbang di atas puncak sebuah batu kecil yang memiliki bentuk seperti piramida.

Batu seimbang yang berada di Inggris ini dinamakan Idol rock. Tidak hanya Idol Rock saja yang bisa dilihat di Brimham Moor, daerah dengan luas 202.343 m2 ini menjadi tempat eksotis dengan sejumlah batuan unik lainnya seperti The Sphinx, The Watchdong, The Camel, The Turtle, dan juga The Dancing Bear.

Balanced Rock, Colorado

Batu seimbang berikutnya merupakan batu seimbang yang berada di Colorado, Amerika Serikat. Batu ini bernama Balanced Rock. Keajaiban dunia ini bisa membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum. Batuan yang terbentuk akibat erosi ini tercipta sejak ratusan juta tahun yang lalu dimana Colorado dulu tertutup oleh air laut.

Batu besar ini sangat mudah dijumpai di Colorado karena berada di jalanan aspal dekat dengan pegunungan Rocky. Berkat keajaibannya, Balanced Rock Colorado menjadi magnet bagi para wisatawan mancanegara.

Balanced Rock, Utah

Balanced Rock Utah terletak di luar Monument Valley di selatan-pusat San Juan County, Utah. Batu seimbang ini juga dikenal dengan nama Mexican Hat Rock. Dengan lebar batu 18 m dan ketebalan 3,7 m, batuan seimbang berwarna merah ini telah berhasil menarik perhatian orang-orang di dunia akan keunikannya.

Dengan ketinggian sekitar 39 m, Mexican Hat Rock ini ternyata memiliki besar yang setara dengan 3 bus sekolah. Sebelumya, Mexican Hat Rock memilik teman yang juga sama-sama batu seimbang yang terbentuk dari erosi yang bernama Chip Off The Old Block. Sayangnya, umur batu seimbang tersebut tidak sepanjang Mexican Hat Rock. Chip Off the Old Block runtuh pada musim dingin di tahun 1975/1976.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.