Breaking News
Home / UNIK / 11 Hewan Tembus Pandang yang Pernah di Temukan

11 Hewan Tembus Pandang yang Pernah di Temukan

Dengan beragamnya spesies hewan di dunia, tentu banyak hal unik dari dunia hewan yang sangat menarik untuk deketahui. Seperti Hewan Tembus Pandang yang Pernah di Temukan.

Hewan tembus pandang yang paling terkenal yang biasanya orang-orang tau hanya ubur-ubur saja, tapi ternyata masih banyak hewan tembus pandang seperti ubur-ubur dan mempunyai tubuh yang unik

Lalu hewan apa saja yang memiliki tubuh tembus pandang yang pernah di temukan di dunia? Berikut ulasannya.

1. Glaswinged Butterfly

Glasswinged Butterfly atau Great Oto adalah jenis dari Kupu-kupu yang meiliki keunikan transparan pada sayapnya atau kebanyakan orang biasa menyebutnya kupu-kupu bersayap kaca. Kupu-kupu ini biasa ditemukan di Amerika Tengah sampai Amerika Selatan, bahkan sampai di Chili. Mereka biasa bermigrasi dari utara Amerika sampai selatan Meksiko atau Texas.

2. Macropinna Microstoma

Macropinna microstoma atau adalah turunan dari keluarga ikan Barreleye, ikan ini adalah satu-satunya jenis dari Macropinna yang meiliki bagian tubuhnya yang tembus pandang yakni pada bagian kepalanya, sehingga dengan jelas kita dapat melihat apa saja isi di kepala ikan tersebut. Ikan ini sudah di ketahui keberadaannya sejak tahun 1939.

3. Belut Larva Transparan

Larva transparan atau Leptocephalus (yang berarti kepala ramping) adalah salah satu dari jenis belut laut yang sangat transparan dan berasal dari salah satu anggota Elopomorpha superorder, ini adalah jenis kelompok teleosts yang paling beragam. Ikan-ikan yang meiliki kesamaan dengan Larva ini antara lain adalah Conger, Belut Moray, Belut Taman, Belut Air Tawar dari Family Anguillidae.

4. Surgeonfish

Ikan yang dapat kamu temui di perairan sekitar New Zealand ini ternyata masih satu spesies sama Dory dari Finding Nemo lo, menurut para ilmuwan, ikan ini bisa tumbuh sampai 30 cm atau lebih.

5. Tortoise Shell

Tortoise shell adalah salah satu dari jenis kumbang, kumbang memang tidak sepenuhnya memiliki tubuh transparan, namun hanya tempurungnya saja, dengan transparannya tempurung kumbang ini menjadikannya dapat berlindung dari predator dengan memberi peringatan atas warna tubuhnya yang mecolok. Uniknya, corak tempurung dari setiap kumbang berbeda-beda loh.

6. Juvenile Octopus

Gurita muda yang hanya meiliki lebar 2 cm ini mempunyai tubuh transparan, seperti gambar di atas, kita dapat melihat organ bagian dalamnya dengan jelas. Gurita yang dapat di temukan di laut dalam sekitar tahiti ini mempunyai titik di setiap bagian tubuhnya.

7. Ikan Trasnparan Salpa Maggiore

Ikan aneh dan langka ini seperti tidak mempunyai organ dalam tubuh seperti ikan kebanyakan yang mempunyai insang dan usus atau apa pun yang biasa kita lihat saat membelah ikan, bahkan tulangnya pun terlihat transparan, kalau dilihat sepintas ikan ini seperti tidak mempunyai organ-organ dalam, hampir 99% transparan. Ikan yang di tangkap di utara Selandia Baru ini di percaya sebagai Salpa Maggiore (Salpa Maxima). Ikan ini juga dapat di temukan di sekitar Laut Selatan.

8. Crocodile Icefish

Ditemukan di perairan dingin di sekitar Antartika selatan dan Amerika Selatan, crocodile icefish (Channichthyidae) memakan krill, copepods, dan ikan lainnya. Darah mereka transparan karena mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya eritrosit mati. Metabolisme mereka hanya bergantung pada oksigen yang terlarut dalam cairan darah, yang diyakini akan diserap secara langsung melalui kulit dari air. Hal ini memungkinkan bekerja karena air dapat melarutkan oksigen paling dingin sekalipun.

9. Phronima

Phronima terlihat seperti udang dengan tubuh transparan, Phronima hewan yang berada di laut dalam. Meskipun umumnya dikenal sebagai parasit, tapi secara teknis Phronima disebut dengan parasitoid.

10. Malaikat Laut (Sea Angel)

Memiliki tubuh kecil dan sirip seperti sayap yang berfungsi untuk berenang di laut. Sea Angel merupakan jenis siput laut yang dianugrahi sebuah sirip sehingga menyerupai sesosok malaikat dalam film fiksi.

11. Semut Pharaoh

Semut Pharaoh atau Monomorium pharaonis (Pharanaoh Ant) adalah satu dari jenis semut yang memiliki ukuran sekitar 2mm, semut ini termasuk dari hewan yang memiliki bagian tubuh transparan, dilihat dari gambar di atas, semut ini sedang memakan cairan berwarna sehingga warna tubuh semut ini mengikut kepada apa yang dia makan.

Itulah beberapa Hewan yang mempunyai tubuh yang transparan atau tembus pandang yang ada di dunia kita ini. Mengagumkan bukan? Bagaimana pendapat Anda?

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.