Breaking News
Home / UNIK / Fenomena Laut Terbelah 2 Juga Ada di Indonesia

Fenomena Laut Terbelah 2 Juga Ada di Indonesia

Sebagaimana yang telah kita ketahui, pada jaman Nabi Musa As. Dimana saat itu rombongan Nabi Musa yang sedang dikejar oleh bala tentara Firaun terjebak menemukan jalan buntu karena di hadapan mereka tidak ada jalan lagi melainkan lautan luas. Akan tetapi karena mukjizat yang dimiliki Nabi Musa akhirnya dengan tongkat terbelahlah lautan itu dan nampaklah jalan yang bisa dilewati oleh rombongan. Namun setelah rombongan Nabi musa sampai ke daratan kembali lautan yang terbelah tadi tertutup sehingga menenggelamkan Firaun dan rombongannya.

Tenyata fenomena lautan yang terbelah pada jamannya Nabi Musa memang benar adanya. Di Korea Selatan ternyata ada laut yang terbelah menjadi 2, meski hanya berjarak 2,8 km di Pulau Jindo. Sesaat lautan itu terbelah banyak turis atau para wisatawan berjalan untuk mengabadikan moment yang langka itu.

Fenomena laut terbelah ternyata tidak hanya terjadi di luar negeri saja, di Indonesia juga ada. Fenomena lautan terbelah menjadi dua itu berada di timur Indonesia, Morotai tepatnya. Berikut fotonya.

Pulau Morotai merupakan pulau yang terletak di gugus kepulauan Halmahera Maluku Utara. Pulau yang memiliki luas sekitar 1.800 km² ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik.

Morotai dikelilingi oleh lautan yakni Samudera Pasifik, Laut Sulawesi, Laut Halmahera, dan Selat Morotai. Jumlah pulau-pulau kecil yang terdapat di Kepulauan Morotai adalah sekitar 33 pulau dengan 7 pulau berpenghuni. Morotai diberkahi oleh pesisir pantai yang eksotis dan dunia bawah laut yang ciamik. 23 Titik selam ada di sana, belum lagi beberapa objek-objek wisata bersejarah bekas sekutu Amerika Serikat pada Perang Dunia II yang berperang dengan Jepang tahun 1944-1955.

Tapi yang paling menarik dari pantai morotai adalah adanya fonomena unik yaitu laut terbelah. Jika ada yang pernah kesana pasti sudah pernah melihat fenomena ini. Lautan Morotai seolah terbelah hingga ditengahnya bisa digunakan untuk berjalan dan menyeberangi dua pulau, yakni Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar.

Sebenarnya, ‘laut belah’ ini adalah kondisi di mana air laut di antara kedua pulau tersebut surut, sehingga tampak seperti terbelah. Ketika fenomena alam itu terjadi, kedua pulau yang terpisah lautan terlihat menyambung. Kala air surut, hamparan pasir layaknya jalanan panjang yang menghubungkan Dodola Kecil dan Dodola Besar akan terlihat.

Namun satu hal yang menjadi daya tarik Morotai adalah fenomena laut terbelah. Lautan seolah terbelah hingga kamu bisa berjalan di sana dan menyeberangi dua pulau, yakni Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar.

Sungguh, rasakanlah berjalan kaki seolah sedang di tengah lautan. Apalagi kedua pulau tersebut punya pasir putih nan halus. Airnya juga jernih. Maka tak habislah mulut ini memuji.

Kalau dari Daruba, ibukota Kabupaten Morotai, Pulau Dodola bisa dicapai dengan naik speedboat selama sekitar 20 menit. Kini sudah banyak tur operator yang menawarkan perjalanan ke sana.

Semoga pemerintah dapat mengelola Kepulauan Morotai khususnya fenomena laut terbelah ini. Sebagai bukti kepada dunia, kalau Indonesia memang sangat indah dari barat sampai timurnya.

Penasaran, coba dan saksikan sendiri fenomena menakjubkan laut terbelah di Moritai Maluku Utara.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.