Breaking News
Home / blog / Cara Mendapatkan Backlink Yang Tergolong Webspam

Cara Mendapatkan Backlink Yang Tergolong Webspam

Dalam kesempatan kali ini IBaca akan membahas artikel Cara Mendapatkan Backlink Yang Tergolong Webspam, Untuk melengkapi artikel sebelumnya Cara Mendapatkan Backlink Dengan SEO Offline.

Cara Mendapatkan Backlink Yang Tergolong Webspam

Bahkan, tidak ada white hat dan black hat SEO, itu hanya istilah populer saja. SEO adalah teknik yang benar, sementara webspam adalah istilah untuk pelanggaran SEO.

Jadi tujuan utama adalah untuk mendapatkan backlink yang relevan dan berotoritas halaman yang tinggi. Secara umum, komunitas internet berbagi cara untuk mendapatkan backlink ke dalam dua kelompok besar, yaitu: SEO offpage dan Webspam.

Mengapa harus muncul teknik webspam? Karena kompetisi SEO semakin lama semakin berat, semakin mahal dan lebih banyak waktu. Hal ini lebih sulit di Indonesia, karena sangat sedikit Indonesia yang bisa dan ingin bermain SEO benar. Dengan demikian, komunitas Internet Indonesia terkena psikologis massa untuk bermain di webspam itu.

Lantas apa saja yang tergolong Backlink webspam. Berikut ulasannya.

1. Dofollow

Dofollow maksudnya adalah memberikan anda poin penuh dari backlink anda, baik itu poin relevansi, poin kata kunci, dan juga poin halaman. Hanya backlink yang dofollow yang bisa memberikan anda poin untuk meningkatkan pagerank, dan juga otoritas dari domain.

Yang perlu menjadi catatan anda; walaupun nofollow itu sama sekali tidak memberikan poin bagi anda, banyak praktisi SEO yang masih mengusahakannya agar profil dari backlinknya terlihat alami.

Teks Jangkarnya harus beragam
Banyak sekali blogger pemula yang menargetkan kata kunci yang pendek dalam jumlah persentase yang besar. Ini terjadi karena ketidaktahuan dan juga karena keinginan untuk cepat menguasai kata kunci yang mahal, tanpa tahu teknik dan komposisi pencarian backlink yang baik dan aman. Yang terjadi adalah terdampar di sandbox. Cobalah agar tidak ada teks jangkar anda yang melebihi batas persentase 15% – 18% agar web anda tetap aman.

2. Sumber domainnya beragam

Backlink yang profilnya alami adalah backlink yang berasal dari banyak domain yang berbeda. Jadi usahakan anda tidak mendapatkan backlink yang terlalu banyak dari domain yang sama, kecuali memang link anda sifatnya sitewide atau terpasang di keseluruhan halaman web. Terlalu banyak backlink dari satu domain yang menuju halaman yang sama; seringkali menjadi penyebab dari seseorang terkena penalty dari Google Penguin.

3. IP website dari sumber backlink beragam

Selain harus berasal dari domain yang beragam, backlink itu juga harus berasal dari banyak IP website yang berbeda. Kenapa seperti itu? Karena dulu banyak webmaster yang membeli domain dari suatu server untuk menumpuk backlinknya. Jadi setelah itu faktor keberagaman alamat IP website sumber backlink menjadi satu parameter untuk menilai kealamian dari backlink.

Yang masih tidak saya pahami saat ini adalah banyak orang yang melakukan spin IP addressnya sendiri saat melakukan pemasangan backlink? Kenapa melakukan hal yang tidak perlu seperti itu? Di dalam halaman web tidak ada data IP address dari para pemasang komentar, dan google juga tidak mengirim robotnya untuk menelusuri log data dari website tersebut.

4. Keberagaman TLD

Top Level Domain adalah yang biasa anda baca sebagai .com, .info, .net, dll. Keberagaman ini juga bisa menambah kealamian dari website anda. Tapi satu hal yang harus anda ketahui, mencari banyak TLD hanya ditujukan untuk kealamian saja dan tidak ada TLD yang poinnya lebih besar dari yang lainnya.
Jika ada yang mengatakan bahwa backlink dari TLD .edu atau .gov itu lebih baik, maka saya beritahu anda bahwa itu adalah HOAX 100%. Google sendiri mengklaim bahwa mereka memperlakukan .edu dan .gov sama seperti TLD yang lainnya.

Hoax ini muncul dari SEO barat karena banyak orang yang mendapatkan backlink dari website .edu atau .gov ternyata menjadi dorongan yang besar pada peringkat mereka. Tapi itu sebenarnya terjadi bukan karena pengaruh .edu ataupun .gov, melainkan karena biasanya situs seperti itu adalah situs komunitas yang mempunyai banyak halaman tetapi sedikit link keluar.

Fenomena ini sempat booming karena saat itu rel=nofollow baru diperkenalkan dan banyak website yang belum terbiasa menggunakannya, atau memang pengelola web yang memberikan backlink karena alasan akademis. Tapi faktanya hari ini adalah hampir semua .edu memakai nofollow, hampir semua dipantau admin, dan kalau ada yang masih terbuka untuk spam pasti sudah diserbu dan poinnya jadi kecil.

Sama sekali tidak ada istimewanya menghabiskan waktu mencari .edu ataupun .gov.

5. Relevan

Ini adalah faktor yang membuat backlink memberikan poin maksimal kepada website kita. Jika anda bisa mendapatkan backlink dari halaman yang memang membahas masalah yang sama dengan website anda, maka itu akan menjadi pendorong peringkat yang sangat kuat.

6. Page Authority (PA)

Ini adalah nilai keluaran Moz yang secara kasar mengindikasikan bahwa halaman tersebut mempunyai banyak backlink atau mendapatkan banyak poin dari halaman yang bereputasi di domain tersebut. Halaman dengan PA yang tinggi dianggap mempunyai banyak poin untuk diberikan jika anda berhasil memasang backlink anda.

7. Satu Arah

Backlink yang baik adalah backlink satu arah dan bukan resiprokal atau berbalasan atau 2 arah. Backlink yang dua arah ini pernah menjadi trend di internet saat tukaran link adalah cara populer untuk mendapatkan backlink. Saat ini reciprokal link tergolong sebagai link scheme yang paling mudah terdeteksi oleh algoritma Google, jadi sebaiknya anda menghindari ini.

Itulah beberapa backlink yang tergolong webspam, backlink yang alami itu bisa lama atau mahal. Jadi sediakan waktu anda atau uang anda dalam jumlah yang sangat besar.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.