Breaking News
Home / blog / Cara Memperbaiki Kesalahan Koneksi Database di WordPress

Cara Memperbaiki Kesalahan Koneksi Database di WordPress

Kita sering merasa bingung bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Koneksi Database di WordPress tersebut.

Kesalahan Membangun Koneksi Database adalah salah satu kutukan yang dapat disebabkan oleh berbagai alasan.

Sebagai pengguna pemula WordPress, ini bisa menyebabkan rasa frustasi khususnya ketika hal ini terjadi dengan sendirinya tanpa Anda mengubah apapun. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara untuk memperbaiki kesalahan membangun koneksi database di WordPress dengan menyusun daftar solusi semua dalam satu tempat.

Catatan: Sebelum Anda membuat perubahan database, pastikan Anda membackup terlebih dahulu.

Mengapa Anda mendapatkan error ini?

Nah singkatnya, Anda mendapatkan kesalahan ini karena WordPress tidak dapat membuat koneksi database. Sekarang alasan mengapa WordPress tidak dapat membuat koneksi database dapat bervariasi.

Bisa jadi login database Anda salah atau telah berubah. Bisa jadi database server Anda tidak responsif. Bisa jadi database Anda telah rusak.

Apakah masalah terjadi karena / wp-admin / ?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan error yang sama pada kedua front-end dari situs, dan back-end dari situs (wp-admin). Jika pesan kesalahan adalah sama pada kedua halaman “Kesalahan membangun koneksi database”, kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika Anda mendapatkan kesalahan yang berbeda pada wp-admin misalnya sesuatu seperti “Satu atau lebih tabel database tidak tersedia. database mungkin perlu diperbaiki”, maka Anda perlu untuk memperbaiki database Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan baris berikut sebelum ‘That’s all, stop editing! Happy blogging’ line wp-config.php dalam file wp-config.php Anda.

Setelah selesai menambahkan Anda dapat melihat pengaturan dengan mengunjungi halaman ini: http://www.yoursite.com/wp-admin/maint/repair.php

Ingat, pengguna tidak perlu login untuk mengakses fungsi ini ketika mendefinisikan ini. Hal ini karena untuk memperbaiki database rusak, Pengguna sering tidak bisa login ketika database rusak. Jadi setelah Anda selesai memperbaiki dan mengoptimalkan database Anda, pastikan untuk menghapus ini dari wp-config.php Anda.

Jika perbaikan ini tidak mengatasi masalah, atau Anda mengalami kesulitan menjalankan perbaikan kemudian lanjutkan membaca artikel ini karena Anda mungkin menemukan solusi lain yang bisa bekerja.

Memeriksa file WP-Config

WP-config.php adalah file tunggal yang paling penting dalam seluruh instalasi WordPress. Ini dimana Anda menentukan rincian untuk WordPress untuk menghubungkan database Anda. Jika Anda mengubah password root atau password user database, maka Anda akan perlu mengubah file ini juga. Hal pertama yang Anda harus selalu memeriksa adalah jika segala sesuatu di wp-config.php Anda adalah sama.

Ingat nilai DB_HOST Anda mungkin tidak selalu localhost. Tergantung pada host, itu akan berbeda. Untuk host populer seperti HostGator, BlueHost, Site5. Anda dapat menemukan nilai-nilai host lain di sini.

Beberapa orang menyarankan untuk mengganti localhost dengan IP. Hal ini umum untuk melihat masalah semacam ini ketika menjalankan WordPress pada lingkungan server lokal. Misalnya pada MAMP, nilai DB_HOST ketika berubah ke IP mungkin tampak untuk bekerja.

IP akan bervariasi untuk web hosting layanan online.

Jika segala sesuatu di file ini benar pastikan Anda memeriksa kembali bila terjadi kesalahan ketik, maka benar untuk mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah di server.

Periksa Web Host Anda (MySQL Server)

Sering kali Anda akan melihat Kesalahan ini ketika membangun koneksi database ke situs Anda. Pada dasarnya, server host Anda tidak bisa menangani beban (khususnya bila Anda berada di shared hosting). Situs Anda akan benar-benar lambat dan untuk beberapa pengguna bahkan keluar kesalahan. Jadi, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah menghubungi penyedia hosting Anda dan meminta mereka jika server MySQL Anda responsif.

Bagi para pengguna yang ingin menguji apakah MySQL server berjalan sendiri, Anda dapat melakukan beberapa hal. Uji situs lain pada server yang sama untuk melihat apakah mereka mengalami masalah. Jika mereka juga mendapatkan error yang sama, maka paling pasti ada sesuatu yang salah dengan server MySQL. Jika Anda tidak memiliki situs lain di akun hosting yang sama cukup pergi ke cPanel Anda dan mencoba untuk mengakses phpMyAdmin dan menghubungkan database. Jika Anda dapat terhubung, maka kita perlu memverifikasi jika pengguna database Anda memiliki izin yang memadai. Buat file baru yang disebut testconnection.php dan paste kode berikut di dalamnya:

Pastikan untuk mengganti username dan password. Jika terhubung berhasil, maka itu berarti bahwa Anda memiliki izin yang memadai, dan ketika ada sesuatu yang lain yang salah. Kembali ke file wp-config Anda untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan ketik.

Jika Anda tidak dapat terhubung ke database dengan pergi ke phpMyAdmin, maka Anda tahu ada sesuatu dengan server Anda. Ini tidak selalu berarti bahwa server MySQL Anda sedang down. Ini bisa berarti bahwa Anda tidak memiliki izin yang memadai.

Dalam kasus kami, MySQL server kami berjalan. Semua situs lain di server bekerja dengan baik kecuali untuk WPBeginner. Ketika kami akan mencoba phpMyAdmin, kami akhirnya mendapatkan kesalahan:

#1045 – Access denied for user ‘foo’@’%’ (using password: YES)

Kami langsung menelepon HostGator dan dengan bantuan mereka dengan cepat menemukan masalah. Mereka mengembalikan hak akses dan kami bisa mendapatkan situs kembali hidup.

Jadi jika Anda mendapatkan akses ditolak kesalahan baik dalam menghubungkan ke phpMyAdmin atau melalui hasil testconnection.php, maka Anda harus menghubungi host Anda segera untuk mendapatkan perbaikan.

Itulah Cara Memperbaiki Kesalahan Koneksi Database di WordPress. Semoga artikel ini dapat membantu dan Anda tidak perlu membuang banyak waktu mencari solusi.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.