Breaking News
Home / blog / Cara Membuat Situs WordPress Lokal Menggunakan XAMPP

Cara Membuat Situs WordPress Lokal Menggunakan XAMPP

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan Cara Membuat Situs WordPress Lokal Menggunakan XAMPP.

Apakah Anda ingin membuat situs WordPress lokal pada komputer Anda menggunakan XAMPP?

Instalasi WordPress di komputer Anda, dapat membantu Anda untuk mencoba WordPress, tema test / plugin, dan belajar pengembangan WordPress.

Mengapa Buat Situs WordPress Lokal?

Membuat situs WordPress lokal adalah praktek umum di kalangan pengembang dan pemilik situs. Hal ini memungkinkan Anda untuk menguji WordPress tanpa menciptakan sebuah situs yang sebenarnya di internet.

Situs lokal hanya dapat dilihat oleh Anda di komputer Anda. Anda dapat mencoba tema WordPress yang berbeda dan plugin, menguji fitur mereka, dan mempelajari dasar-dasar WordPress.

Jika Anda sudah memiliki website WordPress, maka Anda dapat membuat salinan lokal dari situs Anda pada komputer Anda untuk mencoba update plugin baru sebelum menerapkan mereka di situs web Anda.

Penting: situs lokal hanya akan terlihat oleh Anda. Jika Anda ingin membangun sebuah situs WordPress hidup, maka Anda akan memerlukan nama domain dan WordPress hosting.

Karena itu, mari kita periksa cara menginstal WordPress secara lokal pada Windows, Mac, atau Linux menggunakan XAMPP.

Apa itu XAMPP?

Dalam rangka untuk membuat situs WordPress lokal, Anda akan perlu untuk membuat sebuah software web server (Apache), PHP, dan MySQL di komputer Anda.

PHP adalah bahasa pemrograman dan MySQL adalah sebuah perangkat lunak manajemen database. Keduanya diperlukan untuk menjalankan WordPress.

Menginstal setiap perangkat lunak ini secara terpisah cukup sulit untuk pemula. Ini gunanya dari XAMPP.

XAMPP membuatnya mudah bagi Anda untuk membangun website WordPress secara lokal. Ini tersedia untuk komputer berbasis Windows, Mac, dan Linux. Tanpa perlu basa-basi mari kita mulai.

Instalasi XAMPP di Komputer

Pertama, Anda perlu untuk mengunjungi website XAMPP dan klik pada tombol download untuk sistem operasi Anda.

Tergantung pada sistem operasi Anda, wizard instalasi dan antarmuka aplikasi mungkin berbeda dari screenshot. Untuk kepentingan artikel ini, kami akan menunjukkan perangkat lunak versi Windows.

Setelah men-download XAMPP, Anda akan perlu untuk mengklik dan menjalankan installer.

XAMPP akan meminta di mana Anda ingin menginstal perangkat lunak dan paket mana yang Anda ingin menginstal. Pengaturan default akan bekerja untuk sebagian besar pengguna. Terus mengklik ‘Next’ untuk menyelesaikan setup wizard.

Setelah menyelesaikan wizard, periksa ‘‘start the control panel now’ pilihan dan kemudian klik pada tombol finish.

Dan akan muncul panel kontrol XAMPP. Setelah itu klik pada tombol start di sebelah Apache dan MySQL.

Apache dan MySQL sekarang akan berjalan di XAMPP. Anda mungkin akan melihat pemberitahuan Windows Firewall, penting bahwa Anda mengklik ‘Allow Access’ tombol untuk kedua aplikasi untuk berjalan di komputer Anda.

Setelah kedua aplikasi mulai berjalan nama Apache dan MySQL akan disorot di Green. Anda telah berhasil menginstal XAMPP di komputer.

Sekarang Anda siap untuk membuat website lokal dan menginstal WordPress menggunakan XAMPP.

Membuat Situs Lokal WordPress dengan XAMPP

Pertama, Anda akan perlu untuk men-download WordPress. Kunjungi situs WordPress.org dan klik pada tombol ‘Unduh WordPress’.

Setelah men-download WordPress, Anda perlu untuk mengambil file zip, dan Anda akan melihat folder wordpress, Anda perlu menyalin folder ini.

Berikutnya, ke folder instalasi XAMPP Anda.

Pada Windows akan C:/Program Files/XAMPP/htdocs or C:\Xampp\htdocs folder.

Pada Mac, /Applications/XAMPP/htdocs folder.

Copy dan Paste folder wordpress ke dalam htdocs.

Sebaiknya mengubah nama folder wordpress menjadi website1. Ini akan membantu Anda dengan mudah mengidentifikasi situs lokal Anda.

Berikutnya, Anda perlu membuka web browser favorit Anda dan mengunjungi localhost / website1. Anda akan melihat halaman seperti ini:

Halaman ini akan memberitahu Anda bahwa WordPress membutuhkan nama database, username, password database, dan informasi host.

Mari kita membuat database untuk situs WordPress Anda.

Anda harus membuka tab browser baru dan mengunjungi localhost / phpmyadmin /. Ini akan meluncurkan
aplikasi phpMyAdmin yang datang pra-instal dengan XAMPP. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola database menggunakan antarmuka sederhana.

Anda akan perlu untuk mengklik pada Database, memberikan nama untuk database baru Anda, dan kemudian klik pada tombol buat untuk melanjutkan.

Sekarang bahwa Anda telah membuat database, Anda dapat menggunakannya untuk situs WordPress Anda.

Beralih kembali ke / localhost / website1 / tab browser dan klik pada tombol ‘Let’s Go’.

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memberikan informasi database WordPress.

Masukkan nama database yang dibuat sebelumnya. Nama pengguna Anda adalah ‘root’ dan Anda harus meninggalkan bidang kosong pada password. Untuk bidang database host, Anda perlu menggunakan localhost.
Lihat gambar di bawah:

Setelah Anda selesai, klik pada tombol ‘Submit’ untuk melanjutkan.

Jika Anda berada di Windows atau Linux, WordPress sekarang akan menyimpan pengaturan ini dalam file konfigurasi WordPress file bernama wp-config.php.

Namun, jika Anda berada di Mac, maka ia akan menampilkan isi dari file tersebut dan akan meminta Anda untuk membuat itu.

Anda akan perlu untuk membuat file ini di folder root website Anda.
Setelah membuat file, paste teks yang disalin sebelumnya di dalamnya. Berikutnya, Anda harus menyimpan file dan kembali ke installer WordPress untuk melanjutkan.

Pada langkah berikutnya, WordPress akan meminta Anda untuk memberikan informasi tentang situs web Anda. Pertama, masukkan judul yang ingin Anda gunakan untuk situs ini.

Setelah itu Anda perlu memasukkan username, password, dan alamat email untuk akun admin Anda.

Setelah Anda mengisi semua informasi, klik pada tombol ‘Install WordPress’ untuk melanjutkan.

WordPress sekarang akan menjalankan instalasi dan meminta Anda untuk login sekali lagi.

Anda dapat login ke website Anda dengan pergi ke /localhost/website1/wp-admin dan menggunakan username / password yang Anda masukkan saat instalasi untuk login.

Cobalah Setelah Membuat Situs WordPress Lokal

Sekarang bahwa Anda telah membuat situs WordPress lokal anda menggunakan XAMPP, Anda dapat bekerja di atasnya seperti yang akan Anda lakukan di situs WordPress hidup.

Untuk Penampilan akan menyesuaikan tampilan situs Anda atau menginstal tema baru. Berikut adalah beberapa tema gratis besar yang dapat Anda coba.

Hal berikutnya yang Anda akan ingin mencoba adalah plugin WordPress. Plugin seperti aplikasi untuk situs WordPress Anda dan memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur-fitur keren seperti formulir kontak, galeri foto, toko eCommerce, dll.

Setelah bekerja di situs WordPress lokal Anda, Anda mungkin ingin memindahkannya ke server hidup. Langkah demi langkah panduan tentang cara memindahkan WordPress dari server lokal untuk hidup situs.

Semoga artikel ini membantu Anda belajar bagaimana untuk membuat situs WordPress lokal menggunakan XAMPP. Selamat mencoba.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.