Breaking News
Home / blog / Cara Membuat Pagination Pada WordPress

Cara Membuat Pagination Pada WordPress

Jika artikel Anda sangat panjang, sudah pasti tidak baik di mata pembaca. Untuk sesuatu seperti ini, Cara Membuat Pagination Pada WordPress memiliki solusi yang dapat dilakukan dalam beberapa halaman atau terminologi standar disebut pagination.

Cara Membuat Pagination Pada WordPress

Dengan fungsi paging, sebuah artikel panjang dapat dibagi menjadi beberapa halaman, tergantung pada artikel yang kita ingin lakukan di berapa banyak halaman. Untuk pembaca, jika Anda ingin membaca halaman berikutnya, klik pada nomor halaman di bagian bawah artikel.

Untuk membuat fungsi paging, cukup masukkan kode <! – Nextpage -> dalam paragraf yang ingin dipotong, tetapi kode harus dimasukkan pada saat mode editor posting bahwa Anda berada dimode editor HTML. Berikut ini adalah deskripsinya.

Hal ini diasumsikan bahwa Anda membuat tab postingKlik HTML untuk beralih ke mode HTML Editor.

Pastekan kode <! – Nextpage -> Pada akhir kalimat Anda ingin membuat pagination. kode dapat dimasukkan beberapa kali pada akhir kalimat yang akan dipotong.

Jika Anda berpikir ingin kembali dalam mode visual, tinggal ubah kembali dan memodifikasi sesuai keinginan. Jika sudah yakin, silahkan mempublikasikan saja dan Selesai.

Jika Anda telah mengambil langkah-langkah seperti yang dijelaskan di atas, Pagination WordPress tidak berfungsi, yang paling mungkin tema yang Anda gunakan tidak mendukung fungsi paging. Jadi bagaimana untuk menjaga tema Anda mendukung paging? Caranya cukup mudah Anda hanya menambahkan sedikit kode php di file single.php dalam tema yang Anda gunakan. kode tersebut adalah sebagai berikut:

<?php wp_link_pages(); ?>

Dengan menyisipkan kode tersebut, pagination akan berfungsi namun hanya berupa nomor halaman saja.

Agar terlihat sedikit indah, anda dapat mengganti kode diatas dengan kode berikut ini :

<?php wp_link_pages( array( ‘before’ => ‘<div class=”page-link”>’ . __( ‘Halaman :’), ‘after’ => ‘</div>’ ) ); ?>

Tulisan Halaman bisa anda ganti sesuai dengan keinginan, misal : Lanjut, Pages dan lain sebaginya. Kode diatas menyertakan fungsi CSS class yang artinya anda nanti dapat berkreasi untuk menghias tampilan pagination.

Cara memasukkan kode pagination, Telah disebutkan sebelumnya bahwa kode pagination dimasukkan ke dalam file single.php, tapi tentu saja akan sulit bagi anda yang masih tidak mengerti bagaimana untuk mengedit file dalam wordpress. Untuk memudahkan uraian berikut:

Silahkan login ke dashboard wordpress Anda. Masuklah ke theme editor. Sorot menu Appearance lalu pilih Editor.

Pastikan bahwa theme yang terpilih adalah theme yang sedang anda gunakan di blog.

Alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah lalu pilih single.php

Backup dahulu kode yang ada atau copy lalu paste pada notepad, agar apabila anda melakukan kesalahan dalam mengedit file, bisa dikembalikan kesemula. Carilah kode seperti di bawah ini:

<?php the_content(); ?>

Masukkan kode pagination persis dibawahnya, contoh :

<?php the_content(); ?> <?php wp_link_pages( array( ‘before’ => ‘<div class=”page-link”>’ . __( ‘Halaman :’), ‘after’ => ‘</div>’ ) ); ?>

Klik tombol Update File.

Selesai.

Sekarang cobalah membuat sebuah posting yang mengandung pagination untuk melihat hasilnya.

Untuk menghias Tampilan Pagination melalui CSS, disebutkan bahwa kode pagination yang dipasang untuk memuat kelas CSS yaitu <div class = “page-link”> berarti bahwa Anda dapat menyesuaikan tampilan melalui kode CSS. Contoh CSS sebagai berikut:

.page-link { color: #000; font-size: 12px; margin: 15px 0 22px 0; word-spacing: 0.3em; } .page-link a:link, .page-link a:visited { background: #666; color:#FFF; font-weight: normal; padding: 0.3em 0.6em; text-decoration: none; } .page-link a:active, .page-link a:hover { background: #333; }

Berikut adalah langkah-langkah memasukkan kode tersebut ke theme anda.

Diasumsikan bahwa sedang pada halaman theme editor.Klik file style.css

Backup terlebih dahulu kode yang ada, agar apabila anda melakukan kesalahan dalam mengedit file, bisa dikembalikan kesemula. Copy lalu paste kode css berikut pada deretan terakhir kode CSS anda.

.page-link { color: #000; font-size: 12px; margin: 15px 0 22px 0; word-spacing: 0.3em; } .page-link a:link, .page-link a:visited { background: #666; color:#FFF; font-weight: normal; padding: 0.3em 0.6em; text-decoration: none; } .page-link a:active, .page-link a:hover { background: #333; }

Klik tombol Update File.

Selesai.

Itulah Cara Membuat Pagination Pada WordPress, Kini tampilan pagnation Anda akan lebih terlihat menarik dapi sebelumnya. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.