Breaking News
Home / blog / Cara Membuat Artikel Yang Baik untuk Blog

Cara Membuat Artikel Yang Baik untuk Blog

Setiap blog maupun website pasti memiliki konten / artikel yang diharuskan untuk mengisi dengan Cara Membuat Artikel Yang Baik untuk Blog untuk menambah daya tarik dan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah di blog ataupun website kita.

Proses ini tentu bukan hal mudah, karena harus melalui beberapa tahap hingga menjadi rangkaian kata-kata yang kemudian dianggap layak disuguhkan kepada pembaca blog. Dalam proses tersebut, sangat mungkin ditemui kendala baik dalam hal teknis maupun non teknis.

Oleh karena itu, menulis artikel blog, sesederhana apapun itu, dibutuhkan adanya pembelajaran, referensi, dan latihan teknis hingga penulisan artikel blog menjadi sebuah “insting” dimana penulis tidak perlu lagi memperhatikan kaidah-kaidah maupun faktor-faktor teknis dan nonteknis, namun langsung menuliskannya secara mengalir.

Untuk bisa membuat artikel yang enak di pandang dan banyak di kunjungi, berikut beberapa tips yang bisa sobat gunakan dalam menulis artikel agar lebih enak di pandang.

1. Memiliki Katu Kunci Atau Tema Yang Populer Dan Relevan Dalam Artikelnya

Dalam membuat karya tulis seperti blog, pemilihan kata kunci yang tepat dan banyak di minati adalah kunci utama agar karya kita bisa memiliki peluang yang besar untuk bisa di temukan oleh pengguna interent melalui search engine.

Karena Sebagus apapun kita membuat artikel,kalau tidak memiliki kata kunci yang baik dan relevan dengan pembaca minati, maka akan sangat sulit untuk bisa bersaing dengan artikel-artikel lainnya yang sudah ada terlebih dahulu di internet.

Untuk itu sebelum membuatnya kita harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Ada beberapa alat yang bisa kita gunakan untuk riset kata kunci ini:

– Google Adward Keyword Planner

yang merupakan Tools gratis dari Google yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang relevan dengan tema artikel yang hendak kita buat
dan bisa untuk mengetahui hal-hal apa saja yang paling banyak di cari di dalam search engine, lengkap dengan jumlah pencarian perbulannya

– google.com/trends/explore

Memilik fungsi yang hampir sama dengan Google Adword keyword planner, kita juga bisa memanfaatkan ini untuk meriset kata kunci sebelum membuat artikel.

Di google trends kita bisa melihar, topik atau sesuatu yang paling banyak di cari di google padah hari ini, kemaren atau beberpa bulan yang lalu.

Topik yang populer akan sangat menentukan juga populer atau tidaknya artikel yang kita buat nanti.

Selanjutnya setelah kita dapatkan kata kunci yang kita inginkan untuk di jadikan artikel, terapkan kata kunci tersebut di judul artikel dan di permalink artikel blog kita.

2. Memiliki Struktur H1,H2,H3

Selanjutnya untuk contoh artikel yang baik adalah,yang memiliki sturktuHeading (h1), subhiding(h2), dan minor Hiding (h3) agar search engine bisa mendeteksi mana kata yang penting atau tidak, ini akan sangat berpengaruh pada popularitas Blog Bahkan ini juga sangat pengting untuk artikel kita enak di pandang dan di baca .

Namun hindari penggunaan yang berlebihan, karena bisa membuat artikel kita tidak enak di pandang, dan tidak menarik untuk di baca. Apalagi penggunan bold, underline dan italic yang berlebihan, yang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap seo artikel yang kita buat.

3. Menggunakan Bahasa Yang Bisa Menarik Keterlibatan Pembaca

Ini point yang sangat penting sekaligus sangat sulit, karena untuk melibatkan seseorang melalui tulisan itu tidaklah segampang dengan melakukannya melalui kata-kata.

Diperlukan keterampilan dan kemampuan dalam mengolah kata-kata dan tata bahasa yagn baik yang bisa menarik minat pembaca. Solusinya sobat harus banyak membaca artikel di blog-blog yang sudah populer, pelajari gaya bahasa dan cara penyampaian mereka melalui artikel.

Atau bisa juga dengan banyak membaca novel atau karya sastra lain, karena dari sana kita bisa banyak belajar tentang membangkitkan perasaan seseorang melalui tulisan, di mana seakan akan tulisan kita itu menjadi hidup dan bernyawa. Ini sangat penting untuk sobat pelajar dan terapkan, karena tanpa keterlibatan pembaca di dalam artikel yang kita buat maka seakan akan artikel itu mati dan tak bernyawa.

Jangan sampai juga sobat menggunakan bahasa yang terlalu baku dan kaku, seperti yang kita pelajari di sekolah, karena artikel blog besifat karya sastra
diman yang terpenting adalah para pengunjung dan pembaca artikel kita merasa puas.

4. Menggunakan Permalink Khusus

Pada umumnya Artikel di blog menggunakan permalink otomatis yang hanya terdiri dari 6 suku kata, contoh:
Judul artikel = “Contoh Artikel Yang Baik Untuk Membuat Blog/website Populer”
Permalink otomatis =/2015/02/contoh-artikel-yang-baik-untuk-membuat.html

Maka permalink yang terbentuk akan terpotong sampai pada kata membuat, tentunya ini sangat tidak baik untuk SEO dan akan sangat sulit buat artikel untuk di indeks.

Jika kita menggunakan permalink khusus maka kita bisa membuat link dengan kata kunci yang maksimal
Judul artikel =” Contoh Artikel Yang Baik Untuk Membuat Blog atau Website”
Permalink otomatis =/2015/02/contoh-artikel-yang-baik.html gunakan kata kunci yang kita incar di permalink khusus ini.

5. Memaksimalkan Deskripsi Penelusuran

Jangan sampai lupa untuk mengisi deskripsi penelusuran setelah selesai membuat artikel, ini juga sangat penting untuk lebih memaksimalkan mesin pencari menemukan artikel yang kita buat,buat lah beberapa kalimat yang mengandung kata kunci pada deskripsi penelusuran.

Itulah beberapa bagian kecil Cara Membuat Artikel Yang Baik untuk Blog yang bisa sobat lakukan, untuk meningkatkan kinerja seo maupun blog sobat. Semoga bermanfaat

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.