Breaking News
Home / blog / Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Google Analytics adalah salah satu alat utama di luar sana untuk menganalisis lalu lintas di situs website Anda. Cara Memasang Google Analytics di WordPress dengan sedikit setup, Google Analytics akan memberikan sejumlah informasi tentang siapa saja yang mengunjungi situs website Anda, apa yang mereka cari, dan bagaimana mereka ke sana.

Anda juga dapat mengetahui apakah website Anda berkualitas atau tidak melalui informasi-informasti dari Google Analytics tersebut.

Cara Signup dengan Google Analytics

Langkah Pertama
Anda perlu membuat akun Google Analytics. Untuk melakukannya, kunjungi Google Analytics Laman Pendaftaran. Anda akan melihat layar seperti di bawah. Jika Anda sudah memiliki akun Google atau Gmail, maka Anda dapat menggunakannya untuk masuk. Jika Anda tidak memiliki akun Gmail, maka Anda harus membuat account baru.

Langkah kedua
Setelah Anda sign-in dengan akun Gmail Anda, Anda akan diminta seperti di bawah Ini. Di mana Anda akan mendaftar untuk analisis Google dengan akun Gmail Anda.

Langkah ketiga
Pada layar berikutnya, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih antara situs web atau aplikasi mobile. Pastikan Anda memilih situs.

Setelah itu Anda harus memasukkan nama akun (Ini akan menjadi Google Analytics nama profil untuk website ini), nama situs, URL website, negara, dan zona waktu.

Setelah Anda memasukkan informasi, klik pada tombol Get Tracking ID. Anda akan disajikan dengan istilah Analytics Google dan layanan yang harus Anda setujui, jadi klik pada tombol Saya Setuju.

Langkah keempat
Sekarang Anda akan disajikan dengan kode pelacakan Google Analytics Anda. Anda dapat menyalin kode pelacakan ini karena Anda akan perlu untuk memasukkan dalam situs WordPress tergantung pada metode yang Anda gunakan di bawah ini.

Disarankan untuk meninggalkan tab analisis karena Anda mungkin perlu untuk meninjau kembali, setelah Anda telah menginstal kode di situs WordPress Anda.

Sekarang Anda memiliki setup akun Google Analytics, mari kita lihat bagaimana untuk menginstal Google Analytics di WordPress.

Cara Install Google Analytics di WordPress

Ada banyak cara yang berbeda untuk setup Google Analytics di WordPress. Kami akan menunjukkan metode yang berbeda dengan menggunakan MonsterInsights. Berikut caranya.

Google Analytics untuk WordPress dengan MonsterInsights

MonsterInsights adalah plugin Google Analytics paling populer untuk WordPress. Lebih dari 1 juta situs menggunakannya termasuk orang-orang seperti Bloomberg, PlayStation, Zillow, dan banyak lagi.

Ini adalah yang paling mudah dan cara terbaik untuk menambahkan Google Analytics untuk WordPress (untuk semua pengguna pemula dan ahli).

MonsterInsights memiliki kedua versi gratis dan versi Pro. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan MonsterInsights versi gratis. Anda dapat menggunakan MonsterInsights versi Pro jika Anda ingin lebih banyak fitur canggih seperti pelacakan E-commerce, iklan pelacakan, Penulis pelacakan, dll dengan proses pengaturan yang sama.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan MonsterInsights Plugin.

Setelah aktivasi plugin akan menambahkan item menu baru berlabel ‘Insights‘ ke menu admin WordPress Anda. Anda perlu mengunjungi Insights » Settings to configure the plugin settings.

Pada layar ini, Anda perlu untuk mengklik pada ‘Otentikasi dengan akun Google Anda‘ tombol untuk menghubungkan Google Analytics dengan situs WordPress Anda.

Akan muncul sebuah popup di mana Anda akan dapat mengotentikasi dengan Akun Google Anda.

Klik ‘Next‘ untuk melanjutkan.
Sekarang Anda perlu untuk mengklik pada ‘Click to get Google code‘.

Akan muncul popup lain dengan pesan ‘MonsterInsights would like access to your Google Analytics data‘.

Klik pada tombol ‘Izinkan‘ untuk melanjutkan.

Sekarang salin barisan kode pada otentikasi popup.

Selanjutnya, Anda harus memasukkan kode ini di MonsterInsights popup dan kemudian klik ‘Next‘ untuk melanjutkan.

Langkah terakhir adalah untuk memilih profil yang ingin Anda lacak. Anda perlu memilih situs Anda di sini dan kemudian klik pada tombol next untuk melanjutkan.

Anda telah berhasil menginstal dan setup Google Analytics di situs WordPress Anda.

Ingat, itu akan mengambil Google Analytics waktu sebelum menunjukkan statistik Anda.

Bagian terbaik tentang MonsterInsights adalah bahwa Anda dapat melihat laporan Google Analytics Anda di dalam dashboard WordPress Anda. Cukup kunjungi halaman Insights » Reports untuk checkout gambaran singkat data analytics Anda.

Anda dapat pergi juga ke tab Tracking untuk menyesuaikan pengaturan pelacakan berdasarkan kebutuhan Anda.

Itulah Cara pertama Memasang Google Analytics di WordPress, semoga membantu Anda.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.