Breaking News
Home / DALAM NEGERI / Beberapa Tempat Wisata yang Menarik di Nusa Tenggara Timur

Beberapa Tempat Wisata yang Menarik di Nusa Tenggara Timur

Provinsi yang terletak di tenggara Indonesia, provinsi ini ternyata menyimpan Beberapa Tempat Wisata yang Menarik di Nusa Tenggara Timur.

Salah satunya yang terkenal didunia yaitu Kepulauan Komodo yang dihuni habitat Komodo dan pada tahun 1986, UNESCO telah menetapkan Pulau Komodo beserta pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo ( Pulau Rica, Pulau Padar dan Gili Motang ) sebagai warisan dunia, sebab keberadaan komodo yang hanya bisa dijumpai di kawasan tersebut. Pulau Komodo juga mendapatkan penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature, yakni penghargaan untuk 7 tempat wisata alam terbaik di dunia.

Selain Kepulauan Komodo ternyata masih banyak tempat wisata yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Karena di kawasannya memiliki alam yang terbilang asri dengan menyimpan segala keindahan menajubkan didalamnya. Dari laut hingga daratannya terdapat berbagai tempat-tempat wisata yang sangat layak dan wajib untuk Anda kunjungi.

Lantas apa saja Tempat Wisata yang bisa Anda kunjungi di Nusa Tenggara Timur. Berikut ulasannya.

1. Taman Laut Selat Pantar

Memang keindahan dan keunikan alam bawah Taman Laut Selat Pantar sangat menajubkan dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Di taman ini terdapat keunikan yang mempesona dengan berbagai jenis ikan, aneka bentuk dan warna terumbu karang serta gugusan pulau kecil nan elok seolah-olah menjaga taman surga ini.

Bahkan diklaim bahwa Taman Laut Selat Pantar adalah taman laut terbaik dan terindah di Indonesia. Karena selama kegiatan snokerling banyak ditemui fenomea taaman laut yang langka dan sangat menarik. Maka tak heran para diver kelas dunia banyak yang datang di kawasan ini. jika Anda berminat untuk snokerling di Taman Laut Selat Pantar lokasinya berada di Kabupaten alor, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai Lasiana

Inilah pantai yang menjadi andalan Kota Kupang, setiap akhir pekan atapun hari libur selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat. Sebab jarak pantai tersebut sangat dekat dengan Kota Kupang yakni hanya 12 km dari pusat kota. Letaknya berada di wilayah Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Pantainya berpasir putih dengan hamparan batu karang di sepanjang tepinya, serta terdapat pohon kelapa yang rindang. Didalam areal Pantai Lasiana ini banyak dijumpai Lopo-lopo ( bangunan khas Timor yang beratap alang-alang ).

3. Pulau Semau

Pulau Semau atau Nusa Bungtilu ( nama asli dari Pulau Semau ) termasuk dalam wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Konon di pulau ini adalah cikal bakal terbentuknya kain tenun adat dari beberapa suku di Nusa Tenggara Timur. Meskipun gersang dan kering, pulau yang jaraknya beberapa kilometer dari Pulau Timor ini punya pantai berpasir putih yang cantik.

Hamparan pantai-pantai indahnya menyebar di beberapa bagian Pulau Semau, dan lebih kerennya lagi kesemua pantainya masih alami karena masih jarang tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Tercatat ada 5 pantai yang wajib Anda kunjungi yaitu Pantai Liman, Pantai Otan, Pantai Onanbalu, Pantai Uih Make, dan Pantai Uitiuhtuan.

4. Pulau Kera

Nama yang sangat unik untuk sebuah pulau, tetapi pulau ini bukanlah dihuni oleh hewan kera. Adapun asal usul nama Pulau Kera adalah berasal dari kata Kea ( bahasa Rote bermakna penyu ), mungkin karena pengucapan lafal saja sehingga menjadi kera. Nah lokasinya terletak di Desa Uiasa, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini sudah berpenduduk sejak tahun 1911 dengan bermayoritas suku Bajo yang beragama Islam. Pulau Kera merupakan pulau kecil yang luasnya hanya sekitar 1 km persegi, dengan memiliki pasir pantai berwarna putih dan sedikit berwarna merah. Ketika Anda berlibur di pulau ini ada beberapa kegiatan mengasyikkan seperti diving, snokerling, maupun memancing. Beberapa spot terbaik untuk menikmati keindahan pemandangan sunset juga ada di pulau kecil ini.

5. Pantai Timor

Pantai Timor ialah salah satu pesona wisata pantai yang terletak di Kota Kupang. Pantai yang menyajikan keindahan lumut yang tumbuh subur di batu karang tersusun acak serta sunset akan memberi kepuasan tersendiri bagi pengunjungnya. Selain itu di Pantai Timor tersedia warung dan tempat duduk yang nyaman, jadi tak usah khawatir akan sensasi liburan Anda di pantai ini.

Bagi kamu yang dari luar daerah, bisa menginap di tempat inap yang lokasinya tak jauh dari Pantai Timor tersebut. Dengan fasilitas yang cukup lengkap para pengunjung pastinya akan terasa senang dan ingin berlama-lama liburan di sini.

6. Pantai Tablolong

Keunikan dari Pantai Tabolong adalah sebagai Pusat Olahraga Memancing, turnamen ini diadakan oleh pemkot Kupang sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan wisata di Kupang. Pemilihan Pantai Tablolong bukan tanpa alasan, perairan sejauh 10 mil dari garis pantai merupakan jalur migrasi ikan yang akan menuju ke laut Sawu.

Karena jumlah ikan yang banyak bermigrasi, maka kesempatan untuk mendapatkan ikan menjadi semakin besar pula. Beberapa ikan yang bisa ditemui di sekitar Pantai Tablolong adalah ikan marlin, ikan tengiri, layaran, wahai, barakuda, kuwe, lemadang, dan juga ikan tuna. Jadi tunggu apalagi, yuk siapkan peralatan pancing Anda.

7. Pantai Neam

Mungkin tidak semua orang Kupang tahu dimana keberadaan Pantai Neam atau Pantai Tanpa Nama, karena untuk mencapainnya harus menguji adrenalin. Sebab akses jalanan yang dilalui cukup menantang, bayangkan harus melewati pedesaan yang pintunya ditutup. Belum lagi melewati hutan belantara dengan kondisi jalan berliku yang bisa membuat lelah.

Namun jangan kecewa dulu, ketika kalian sampai di lokasi segala perjuanganmu tak sia-sia. Anda akan di sambut oleh obak yang cukup besar, gua misterius, pasirnya yang wah, dan lagi moment sunsetnya membuat ketenangan di jiwa karena sangat indah dan mempesona.

8. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang yang letakanya di Kabupaten Manggarai Barat ini adalah danau vulkanik yang terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sini yaitu fotografi, keliling danau, tracking, mengamati burung, wisata budaya dan religi, serta mengunjungi pemandian air hangat.

Akses menuju ke Danau Sano Nggoang tergolong sulit, satu-satunya menggunakan jalur darat dari Kota Abuan Bajo dengan waktu sekitar 3,5 sampai 4 jam perjalanan melewati jalanan yang sedikit rusak. Bagi kamu yang ingin ke Danau ini pintu masuknya berada di Dusun Nunang, di dusun tersebut sudah ada home stay milik masyarakat yang terletak di tepi danau.

9. Air Terjun Cunca Wulang

Pengambilan nama dari Air Terjun Cunca Wulang karena lokasinya memang berada di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbelilling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Keindahan tempat wisata Air Terjun Cunca Wulang bisa membius mata siapa saja yang memandangnya. Sepintas, air terjun ini seperti Grand Canyon versi mini dengan aliran sungainya berada diantara tebing bebatuan besar serta air terjunnya berada di atas batu-batu yang keluar melalui celah bebatuan.

Karena terletak di ketinggian 200 meter dpl, tentu air yang dialirkan begitu dingin dan sejuk. Nah, di sungai air terjun ini Travelers bukan hanya bisa bermain-main air saja tetapi juga berenang. Berkeliling dengan memanjat bebatuan dan terjun dari atas batu ke sungai adalah pengalaman tak terlupakan.

10. Danau Kelimutu

Eksotiknya air di Danau Kelimutu sangat menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Letaknya di puncak Gunung Kelimutu, Pulau Flores, NTT atau tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau Kelimutu juga terkenal dengan sebutan Danau Tiga Warna, karena memiliki tiga gradasi warna yang berbeda yaitu merah, biru, dan putih.

Danau Kelimutu berada di ketinggian kurang lebih 1.600 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 1.055.000 meter persegi. Dari segi adminitratif Danau Kelimutu berada di 3 kecamatan, kecamatan Detsuko, Kecamatan Wolowalu dan Kecamatan Ndona.

Dapat diakses dari Kupang menggunakan pesawat menuju ke Kota Ende, Pulau Flores sekitar 45 menit-an.
Kemudian perjalanan berlanjut menggunakan angkutan umum menuju ke Desa Koanara yang berjarak 93 km / 3 jam perjalanan. Setelah itu dari Desa Koanara menuju ke Danau Kelimutu berjalan sejauh 3 km.

Itulah beberapa Tempat Wisata yang Ada di Nusa Tenggara Timur, yang bisa Anda dan keluarga kunjungi saat liburan datang. Happy travelling.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.