Breaking News
Home / blog / Anchor Text Tak Kalah Penting Dalam Optimasi SEO Blogspot

Anchor Text Tak Kalah Penting Dalam Optimasi SEO Blogspot

Ternyata Anchor Text tak kalah penting dalam Optimasi SEO Blogspot. Anchor text (teks jangkar) adalah teks yang berada di antara html tag, atau teks yang berisi tautan ke sebuah halaman.

Jangkar teks merupakan salah satu faktor utama yang menentukan atau meningkatkan pengunjung blog (visibilitas) pada hasil mesin pencari – SERP. Teks yang memakai Anchor text akan dianggap oleh mesin pencari sebagai kata kunci dengan berat lebih tinggi dari penggunaan teks biasa.

Penggunaan jangkar teks untuk link dalam judul blog harus berhubungan dengan kata kunci yang digunakan juga ditemukan dalam judul artikel, metatag, judul blog, nama Domain dan deskripsi blog sehingga robot pencari memberikan bobot relevansi yang tinggi.

Jika halaman target di luar blog, Anda harus menggunakan kata kunci yang terkait dengan judul halaman Anda di link.

Dengan Anchor Text mungkin banyak peluang bagi blog dalam posisi tertinggi di mesin pencari, sehingga pengunjung akan meningkat. Demikian sekilas pemahaman Anchor Text Untuk Optimasi SEO Blogspot.

Anchor Text pada link sangat berpengaruh di search engine, Anchor Text adalah jenis teks dalam link yang bertujuan untuk mengarahkan ke halaman atau artikel tertentu ke halaman, dan biasanya Anchor Text ditempatkan di link tag html, misalnya di Judul tag “kata kunci”, untuk lebih jelasnya bisa lihat di bawah:

HTML-nya <a href=”http://Ibaca.net”>Ngeblog yuk</a>. Jadi, kalian pasti sudah pernah ada yang tau bentuk HTML seperti itu. Ada lagi beberapa contoh anchor text, contohnya seperti di bawah ini.

<a href=”http://Ibaca.net/Langkah-langkah-Mengelola-Categories/”>Langkah-langkah Mengelola Categories</a>
<a href=”http://Ibaca.net/Langkah-langkah-Mengelola-Categories-Pada-WordPress/”>http://Ibaca.net/Langkah-langkah-Mengelola-Categories/</a>
<a href=”http://Ibaca.net/Langkah-langkah-Mengelola-Categories/”>Klik di sini</a>

Apa perbedaan dari tiga contoh di atas ? Manakah yang menurut kalian lebih baik penerapannya untuk SEO ? Berikut penjelasannya.

• Contoh ke 1, itu contoh yang paling baik untuk diterapkan, karena Google akan meng-crawl dan mengindeks link tersebut sebagai link yang anchor-nya “Langkah-langkah Mengelola Categories”.

• Contoh ke 2, link yang tidak aktif menjadi aktif ketika diberikan anchor dan Google bisa meng-crawl dan mengindeks link tersebut sebagai “http://Ibaca.net/Langkah-langkah-Mengelola-Categories/”.

• Contoh ke 3 ini memang masih benar dianggap anchor text, tetapi jika untuk dijadikan keyword rasanya sangat tidak relevan, karena tidak ada hubungannya link tersebut dengan anchor text “Klik di sini”, maka akan menjadi sia-sia untuk optimasi website. Untuk trafik bisa, tetapi untuk optimasi tidak baik. Walau pun masih bisa diakali dengan membuat title tag seperti ini <a href=”http://Ibaca.net/Langkah-langkah-Mengelola-Categories/” title=”Langkah langkah Mengelola Categories”>Klik di sini</a>, tetap tidak bagus untuk optimasi.

Tujuan optimasi anchor text yaitu untuk mengurangi terjadinya keyword yang berulang sama atau keyword density. Dampak keyword density ada banyak sekali, salah satunya terkena Algoritma Google Sandbox, artikel kita bisa hilang di hasil pencarian Google. Cara agar keyword yang kita buat tidak termasuk keyword density, kita bisa buat keyword bervariasi. Contoh keyword bervariasi seperti berikut ini.

<a href=”http://Ibaca.net/Langkah-langkah-Mengelola-Categories-Pada-WordPress/” title=”Langkah langkah Mengelola Categories”>Mengelola Categories</a>
<a href=”http://Ibaca.net/” title=”Mengelola Categories”>Ngeblog yuk</a>
<a href=”http://Ibaca.net/blog/page/2/” title=”Mengelola Categories”>SEO Blogspot</a>

Ini lah Anchor text yang baik untuk SEO. Hasil dari bentuk HTML di atas ada banyaknya variasi.

Nah seperti itulah ulasan seputar pengertian Anchor text, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda, Selamat mencoba.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.