Breaking News
Home / UNIK / Hanya Ada di Maumere, 5 Hal Unik dan Nyentrik Ini

Hanya Ada di Maumere, 5 Hal Unik dan Nyentrik Ini

Ada saja hal-hal unik dan tak biasa yang melekat pada kehidupan masyarakat yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi wisatawan, antara lain kebudayaan dan hukum adat yang berlaku. Sayangnya, belum semua potensi tersebut telah terungkap dan masih menunggu untuk dijelajahi.
Indonesia memang memiliki banyak keunikan yang tersimpan di setiap daerah. Salah satu daerah yang menyimpan potensi wisata namun belum begitu dikenal wisatawan adalah Maumere. Maumere adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Selain menyimpan wisata potensi alam yang indah, Maumere juga memiliki banyak hal unik hingga hal nyentrik yang melekat dalam kehidupan masyarakatnya, yang mungkin tak akan Anda temui di daerah lain.
Hal unik apa saja yang bisa Anda temui di Maumere? Berikut informasinya.

Harga bensin eceran lebih murah dibanding harga SPBU

Di Maumere, hanya ada dua SPBU untuk mengisi bahan bakar. Harga untuk setiap liter bensin di SPBU dipatok 16 ribu hingga 17 ribu rupiah. Uniknya, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah jika membelinya di penjual eceran, yaitu sekitar 13 hingga 14 ribu Rupiah. Kira-kira, kenapa ya harga bensin eceran justru lebih murah?
Makam di depan atau samping rumah adalah hal yang umum

Masyarakat Maumere sangat menghormati leluhur atau keluarganya walaupun mereka telah meninggal dunia. Salah satu bentuk penghormatan itu adalah dengan memakamkan keluarganya di dekat rumah, baik itu di depan atau di samping rumah. Oleh karena itu, keberadaan makam di sekitar rumah warga adalah hal yang sangat umum di Maumere.

Angkot dinamai dengan nama Latin 

Ada yang unik dari mobil angkutan umum atau angkot di Maumere. Alih-alih memasang tulisan nyeleneh seperti yang sering kita lihat di angkutan umum di Pulau Jawa, angkot di Maumere akan diberi tulisan nama-nama bernuansa Latin, seperti Valentino, Alejandro, Fernando, dan sebagainya. Selain itu, angkot di Maumere biasanya akan memasang musik yang kencang unik menarik penumpang.

Minimarket dan restoran asing sangat jarang di Maumere

Di kota-kota besar seperti Jakarta, kita pasti bisa menemui minimarket atau convenience store dengan mudah. Begitu pula dengan restoran cepat saji dari negara asing. Namun hal tersebut tak berlaku di Maumere. Sangat sulit menemui minimarket atau restoran fast food. Dengan demikian, wisatawan akan lebih mudah menikmati kuliner lokal yang tentu saja akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Gading gajah lebih berharga daripada emas

Dahulu, orang tua para gadis akan meminta mahar gading gajah pada calon menantunya. Hal ini telah menjadi adat turun-temurun karena harga gading yang sangat mahal, bahkan lebih mahal daripada emas. Namun, seiring perkembangan jaman, karena gading susah didapat mahar pernikahan pun digantikan oleh hewan ternak seperti sapi atau kuda. Karena dianggap sangat berharga, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli gading ketimbang emas untuk berinvestasi. Uniknya lagi, gading dapat digunakan sebagai jaminan ke pegadaian.

Nah itulah beberapa hal yang menjadi keunikan tersendiri dari Maumere. Apa yang menjadi keunikan dari daerah Anda?

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.