Breaking News
Home / GAYA HIDUP / 5 Jenis Air Minum yang Berbahaya Bagi Tubuh Jika di Konsumsi

5 Jenis Air Minum yang Berbahaya Bagi Tubuh Jika di Konsumsi

Meminum air putih merupakan kebutuhan kita sehari-hari. kita diwajibkan meminum minimal 8 gelas setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Namun ternyata air putih juga bisa berbahaya bagi tubuh, akibat dari pengolahannya atau berbagai hal. Berikut ini adalah beberapa air putih yang sangat berbahaya untuk tubuh:

1. Air yang dimasak kembali

Air yang direbus ulang entah dengan berbagai alasan itu sangat berbahaya bagi kesehatan karena kandungan nitritnya dalam air akan bertambah sehingga dalam jangka pendek akan menyebabkan keracunan.

Apabila terus dikonsumsi dalam jangka panjang maka akan menyebabkan pusing, mual, darah rendah, sakit lambung dan bisa juga sampai menyebabkan kematian.

Merebus air yang sudah matang dikabarkan bisa berbahaya bagi tubuh. Air yang sudah direbus 100 derajat celcius apabila dipanaskan kembali akan menghasilkan kandungan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Kandungan kimia itu adalah arsenik, nitrat dan fluoride. Kandungan arsenik yang masuk ke dalam tubuh meski dalam dosis yang sedikit bisa menyebabkan keracunan dan melemahkan fisik secara perlahan. Keracunan arsenik meliputi gangguan pencernaan, kulit, ginjal jantung hingga kanker.

2. Air yang mendidih lama

Jangan harap bila merebus air secara lama akan membunuh semua kuman dalam air. Kenyataannya air yang direbus lama malah akan membahayakan kesehatan karena kandungan nitrit akan terus bertambah serta bertambahnya pula kalium, magnesium serta logam berat lainya.

Dalam jangka pendek akan menyebabkan perut sakit dan diare, namun apabila terus-terusan dikonsumsi maka akan menyebabkan kekurangan oksigen bahkan bisa sampai meninggal dunia.Lama waktu yang baik mendidihkan air adalah selama 5 menit. Namun begitu lama waktu membiarkan air mendidih di kompor adalah selama 20 menit agar semua patogen yang hidup di dalam air yang akan kita minum dapat mati atau inaktif, sehingga air minum yang akan kita konsumsi aman tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada diri kita.

Beberapa contoh kuman bakteri yang membahayakan kesehatan kita karena dapat menyebabkan penyakit serta gangguan kesehatan pada manusia antara lain seperti bakteri E.

3. Air yang belum mendidih

Air yang belum sepenuhnya mendidih juga berbahaya bagi kesehatan hal ini dikarenakan kuman-kuman dalam air belum sepenuhnya mati bila dikonsumsi maka akan menyebabkan kanker kandung kemih dan kanker poros usus. Usahakan pemanasan air sampai 100°C sebelum dikonsumsi.

4. Air yang sudah lama

Air yang sudah lama tidak boleh dikonsumsi sebab racun dalam air lama kelamaan akan berkembang seiring dengan lamanya air itu disimpan.

Bila sering mengkonsumsi air yang sudah lama maka akan beresiko terkena kangker lambung, kanker kerongkongan, menurunkan metabolisme, penuaan dini dan mempengaruhi pertumbuhan anak.

5. Air bekas kukusan

Kandungan kadmium, raksa, arsenikum dan aluminium dalam air bekas kukusan dapat menyebabkan komplikasi pada pencernaan, penuaan dini, mempengaruhi produksi sel darah dan gangguan saluran seni.

Itulah kelima jenis air putih yang berbahaya bila dikonsumsi. Maka hendaklah memperhatikan air yang kita minum, supaya tidak terkena resiko penyakit yang bisa membahayakan kesehatan.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.