Breaking News
Home / DALAM NEGERI / 4 Fakta Mata Uang Termahal di Dunia

4 Fakta Mata Uang Termahal di Dunia

Harga/nilai mata uang suatu Negara yang diukur atau dinyatakan dengan mata uang Negara lainnya disebut dengan istilah Kurs. Kurs sering diartikan juga dengan Nilai Tukar Mata Uang.

Mata Uang Tertinggi (atau Termahal) adalah mata uang suatu Negara yang satuannya berharga tinggi jika dibandingkan dengan mata uang Negara lainnya. Saat ini, Mata Uang dengan nilai tertinggi atau Mata Uang Termahal di Dunia adalah Mata Uang Kuwait yaitu Dinar.

Dinar Kuwait adalah mata uang termahal dunia yang nilai tukarnya luar biasa besar. Jangankan melawan Rupiah, dibandingkan dengan dolar atau poundsterling saja uang ini masih unggul jauh.

Berikut ini fakta tentang mata uang salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia tersebut.

1. 1 KWD Setara dengan Rp 43.697

Kenyataan ini sungguh bikin syok. Bayangkan saja untuk 1 dinar Kuwait, nilainya setara dengan Rp 43.696,6933. Kasarnya, kalau punya uang 50 ribu rupiah, sesungguhnya kamu hanya memegang 1 dinar Kuwait saja. Nilai tukar dinar Kuwait ini jauh lebih besar daripada dinar Bahrain, real Oman, Lats Latvia, bahkan Poundsterling Inggris.

Tingginya nilai mata uang ini secara tidak langsung membawa kemakmuran di Kuwait. Kita bicara logis saja, seumpama mereka punya duit setidaknya sejuta dinar saja, maka itu sudah setara dengan Rp 43.697.000.000. Dan rata-rata orang sana minimal punya puluhan juta dinar. Edan bukan?

2. Dinar Kuwait Diperkenalkan Tahun 1960 untuk Menggantikan Rupee Gulf

Mata uang yang digunakan di Kuwait ini diperkenalkan tahun 1960 untuk menggantikan rupee Gulf. Rupee Gulf ini setara dengan rupee India. Awalnya nilai tukarnya sama dengan 1 poundsterling. Sempat dinar Irak menggantikan dinar Kuwait. Hal tersebut terjadi pada tahun 1990 ketika Iraq menjajah Kuwait. Saat itu banyak uang kertas dinar Kuwait yang dicuri oleh pasukan penjajah.

Setelah merdeka, barulah Kuwait menggunakan kembali dinar Kuwait dan seri uang kertas yang baru dikeluarkan. Sementara seri uang kertas yang lama termasuk yang dicuri ditarik dari peredaran.

3. Mata Uang Dinar Kuwait Dibagi Menjadi 1.000 Fil

Mata uang tertinggi di dunia ini dibagi menjadi 1.000 fil. Pecahannya dari yang terbesar hingga yang terkecil meliputi 20 dinar, 10 dinar, 5 dinar, 1 dinar, 1/2 dinar, dan koin 100 fil, 50 fil, 20 fil, 20 fil, dan 5 fil. Wah dengan pecahan 20 dinar, kalau dirupiahkan bisa mencapai sekitar Rp 873.940. Punya selembar pecahan 20 dinar Kuwait, bisa digunakan untuk nraktir teman-teman satu geng, ya.

Nilai 1 dinar itu sama dengan 1.000 fil. Jadi kalau 1/2 dinar nilainya sama dengan 500 fil. Untuk koin 1 fil dan 2 fil sudah tak lagi dikeluarkan. Nilai koin 10 fil, 20 fil, 50 fil, dan 100 fil pertama kali dikeluarkan pada tahun 1961. Mata uang dinar Kuwait dikeluarkan oleh Bank Sentral Kuwait (berkedudukan di Kota Kuwait), yang didirikan pada tahun 1969 dan menggantikan Dewan Mata Uang Kuwait.

4. Sudah Ada 6 Seri Uang Kertas Dinar Kuwait yang Dikeluarkan

Dalam perjalanannya, sudah ada enam seri uang kertas Dinar Kuwait yang dikeluarkan. Seri pertama dikeluarkan tahun 1960. Kemudian seri kedua untuk pecahan 1/4 dinar, 1/2 dinar, dan 10 dinar dikeluarkan tanggal 17 November 1970. Seri ketiga dikeluarkan tanggal 20 Februari 1980, diikuti tanggal 24 Maret 1991 untuk seri keempat.

Di seri kelima yang dikeluarkan tanggal 3 April 1994, sudah dibuat dengan resolusi dengan keamanan berteknologi tinggi. Seri terbarunya (seri keenam) yang diedarkan tanggal 29 Juni 2014, sebagian uang pecahannya memiliki tekstur khusus yang memudahkan para tuna netra untuk mengenali pecahan uang tersebut.

Indonesia nampaknya harus berguru kepada Kuwait, kita harus cari tahu bagaimana cara mereka membuat mata uangnya bisa sedemikian tinggi. Seumpama alasannya karena sumber daya alam, maka jelas Indonesia yang super kaya ini tentu juga bisa.

Comments

comments

About iBaca

Sebuah media blog yang mengulas topik tentang blogging, news, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lain yang menurut kami menarik.